Opini

INDONESIA BUTUH GURU PROFESSIONAL BUKAN ABAL-ABAL

0

    Profesi guru merupakan salah satu profesi yang sangat diminati dikalangan masyarakat Indonesia karena seperti yang kita ketahui  profesi guru memiliki imej yang sangat baik di mata dunia. profesi guru merupakan profesi yang sangat mulia yang mana memiliki tugas untuk mendidik dan membimbing generasi penerus bangsa sehingga melahirkan generasi penerus yang cerdas dan berbudi baik. menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah dan sederhana, seoarang guru harus terus maju kedepan dan berkembang untuk meningkatkan kualitas diri karena ilmu itu sendiri juga selalu berkembang. Seorang guru harus mengusai keilmuan yang ditekuninya dan serba tahu karena guru wajib menyampaikan kebenaran yang pasti  karena setiap informasi yang diberikanya akan menjadi pedoman hidup bagi murid-muridnya, apabila mereka memberikan informasi yang salah maka mereka akan berdosa dan menghancurkan generasi penerus bangsa karena telah tertanam kepadanya pengetahuan yang keliru, begitupun sebaliknya apabila guru memberikan pengetahuan yang benar maka itu akan menjadi sadaqah jariah baginya . Seorang guru juga wajib memiliki kompetensi pedagogi yaitu kemampuan mendidik dan mengajar yang diperoleh dari perkuliahan tentang metode mengajar, membuat materi dan media, menganalisis kurikulum dan mendesain pembelajaran, membuat asesmen DSB.

      Sangat disayangkan pada zaman sekarang ini banyak guru abal-abal yang mana mereka tidak menguasai keilmuan yang ditekuninya mereka hanya menyandang gelar guru yang mereka dapat semasa kuliah tetapi tidak bertanggung jawab penuh atas gelar yang mereka sandang. Tidak sedikit guru yang memberikan ilmu hanya berdasarkan pendapatnya saja tanpa mengetahui kebenaran yang pasti dari ilmu yang mereka miliki dan tidak sedikit juga guru yang menjalankan pekerjaanya hanya karena terpaksa atau sebagai profesi pelarian saja, sehingga mereka tidak bisa menjadi seorang guru profesional. Hal tersebut bisa disebabkan dari beberapa hal, salah satunya yaitu salah mengambil jurusan kuliah atau mengambil jurusan keguruan hanya sebagai jurusan pelarian saja, sehingga banyak orang yang memiliki gelar guru tetapi tidak begitu menyukai profesinya tetapi mereka terpaksa mengambilnya karena tidak ada pilihan lain. Untuk menanggulangi masalah tersebut kita sebagai murid pendidikan harus kembali bertanya kepada diri kita apakah kita benar-benar menyukai jurusan ini? dan apakah kita pantas menjadi seorang guru? Apabila profesi guru merupakan profesi yang kita inginkan, mari kita bekerja sama memutus rantai guru abal-abal dengan menjadi guru profesional yaitu guru yang menguasai keilmuan di bidang yang ditekuninya serta memiliki ilmu pedagogi. Apabila kita seorang murid pendidikan bahasa inggris kita wajib menguasai ilmu bahasa atau linguistiknya(phonology, morphology, syntax, semantics) sampai ke akar-akrnya terlebih dahulu kemudian baru keterampilan bahasa inggris yaitu listening, speaking,reading dan writing. Kita sebagai calon guru harus bisa memberi pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang tidak hanya menjejalkan sebanyak-banyaknya pengetahuan melainkan bagaimana agar anak bisa berfikir dengan baik sehingga bisa mengolah pengetahuan dan informasi yang didapatnya dan menghasilkan keputusan dan tindakan yang tepat dalam kehidupanya. Karena pendidikan berarti mempengaruhi pemikiran seseorang , bukan hanya mengisi pemikiranya. Dengan kesadaran dan pemahaman kita dengan permasalahan guru abal-abal ini, maka kita sebagai calon guru In Sya Allah akan menjadi penerus guru yang mana nantinya memberikan perubahan yang besar-besaran didunia pendidikan, sehingga melahirkan generasi yang lebih berkualitas dan berbudi baik, serta memajukan bangsa ini.

  Kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu kita sebagai calon guru harus benar-benar menguasai keilmuan yang kita tekuni dan memenuhi syarat-syarat menjadi guru yang profesional, apabila kita tidak sanggup menjadi guru yang bertangung jawab dan memberikan informasi yang benar sebaiknya tidak usah menjadi guru.

 Pesan saya kepada guru-guru agar terus meningkatkan ilmu pengetahuan terkhusunya di bidang keilmuan yang ditekuni dan kita sebagai calon guru harus mempersipkan diri yang lebih matang agar bisa menjadi guru yang profesional.

   Profesi guru merupakan salah satu profesi yang sangat diminati dikalangan masyarakat karena profesi guru memiliki imej yang baik di mata dunia. profesi guru merupakan profesi yang sangat mulia yang mana memiliki tugas untuk mendidik dan membimbing generasi penerus bangsa sehingga melahirkan generasi penerus yang cerdas dan berbudi baik. menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah dan sederhana, seoarang guru harus terus maju kedepan dan berkembang untuk meningkatkan kualitas diri karena ilmu itu sendiri juga selalu berkembang. Seorang guru harus mengusai keilmuan yang ditekuninya dan serba tahu karena guru wajib menyampaikan kebenaran yang absolute karena setiap informasi yang diberikanya akan menjadi pedoman hidup bagi murid-muridnya, apabila mereka memberikan informasi yang salah maka mereka akan berdosa dan menghancurkan generasi penerus bangsa karena telah tertanam kepadanya pengetahuan yang keliru, begitupun sebaliknya apabila guru memberikan pengetahuan yang benar maka itu akan menjadi sadaqah jariah baginya  . Seorang guru juga wajib memiliki kompetensi pedagogi yaitu kemampuan mendidik dan mengajar yang diperoleh dari perkuliahan tentang metode mengajar, membuat materi dan media, menganalisis kurikulum dan mendesain pembelajaran, membuat asesmen DSB.

      Sangat disayangkan pada zaman sekarang ini banyak guru abal-abal yang mana mereka tidak menguasai keilmuan yang ditekuninya mereka hanya menyandang gelar guru yang mereka dapat semasa kuliah tetapi tidak bertanggung jawab penuh atas gelar yang mereka sandang. Tidak sedikit guru yang memberikan ilmu hanya berdasarkan pendapatnya saja tanpa mengetahui kebenaran yang pasti dari ilmu yang mereka miliki dan tidak sedikit juga guru yang menjalankan pekerjaanya hanya karena terpaksa atau sebagai profesi pelarian saja, sehingga mereka tidak bisa menjadi seorang guru profesional. Hal tersebut bisa disebabkan dari beberapa hal, salah satunya yaitu salah mengambil jurusan kuliah atau mengambil jurusan keguruan hanya sebagai jurusan pelarian saja, sehingga banyak orang yang memiliki gelar guru tetapi tidak begitu menyukai profesinya tetapi mereka terpaksa mengambilnya karena tidak ada pilihan lain. Untuk menanggulangi masalah tersebut kita sebagai murid pendidikan harus kembali bertanya kepada diri kita apakah kita benar-benar menyukai jurusan ini? dan apakah kita pantas menjadi seorang guru? Apabila profesi guru merupakan profesi yang kita inginkan, mari kita bekerja sama memutus rantai guru abal-abal dengan menjadi guru profesional yaitu guru yang menguasai keilmuan di bidang yang ditekuninya serta memiliki ilmu pedagogi. Apabila kita seorang murid pendidikan bahasa inggris kita wajib menguasai ilmu bahasa atau linguistiknya(phonology, morphology, syntax, semantics) sampai ke akar-akrnya  terlebih dahulu kemudian baru keterampilan bahasa inggris yaitu listening, speaking,reading dan writing. Kita sebagai calon guru harus bisa memberi pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran yang tidak hanya menjejalkan sebanyak-banyaknya pengetahuan melainkan bagaimana agar anak bisa berfikir dengan baik sehingga bisa mengolah pengetahuan dan informasi yang didapatnya dan menghasilkan keputusan dan tindakan yang tepat dalam kehidupanya. Karena pendidikan berarti mempengaruhi pemikiran seseorang , bukan hanya mengisi pemikiranya. Dengan kesadaran dan pemahaman kita dengan permasalahan guru abal-abal ini, maka kita sebagai calon guru In Sya Allah akan menjadi penerus guru yang mana nantinya memberikan perubahan yang besar-besaran didunia pendidikan, sehingga melahirkan generasi yang lebih berkualitas dan berbudi baik, serta memajukan bangsa ini.

  Kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu kita sebagai calon guru harus benar-benar menguasai keilmuan yang kita tekuni dan memenuhi syarat-syarat menjadi guru yang profesional, apabila kita tidak sanggup menjadi guru yang bertangung jawab dan memberikan informasi yang benar sebaiknya tidak usah menjadi guru.

 Pesan saya kepada guru-guru agar terus meningkatkan ilmu pengetahuan terkhususnya di bidang keilmuan yang ditekuni dan kita sebagai calon guru harus mempersipkan diri yang lebih matang agar bisa menjadi guru yang profesional.

 Blog ini saya buat karena terinspirasi oleh salah seorang dosen saya di universitas negeri padang yang mengajari mata kuliah ELTM yang menuntut kami calon guru agar menjadi guru yang profesional.

Noted: tulisan ini tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa pendidikan tapi untuk siapa saja yang memiliki keinginan menjadi guru.

Ivanium basmai

dutadamaisumbar

BENTUK KEPEMIMPINAN DI SUMATERA BARAT “TUNGKU TIGO SAJARANGAN”

Previous article

SISTEM PERKAWINAN DI MINANGKABAU

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini