Berita

Hari Musik Nasional Sebagai Pengingat Kesatuan Bangsa

0


Hari ini tanggal 9 maret 2021, bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang sudah ditetapkan dalam Kepres Nomor 10 tahun 2013 yang disahkan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang dimaksudkan sebagai hari untuk mengapresiasi masyarakat terhadap musik. Di samping itu juga, dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap insan music di tanah air.

Sejarah awal lahirnya Hari Musik Nasional adalah, bertepatan dengan hari lahirnya seorang pria yang bernama W.R Soepratman pada tanggal 9 maret 1903, beliau adalah sang pencipta lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan kita Indonesia. Apapun kegiatan-kegiatan kebangsaan yang diadakan oleh masyarakat Indonesia, maka lagu Indonesia Raya adalah lagu wajib sebagai pembuka acara agar kegiatan tersebut menjadi terasa hikmat. Sosok W. R. Soepratman juga termasuk kedalam salah satu tokoh Pahlawan Nasional yang dianggap telah berjasa besar terhadap kelahiran music di tanah air.

Sehingga ini adalah hal yang wajar disematkan kepada beliau, walau pada awalnya muncul pro kontra terhadap penetapan tanggal untuk Hari Musik Nasional disebabkan oleh keraguan akan tanggal lahir dari W.R. Soepratman sendiri. Terlepas dari pro kontra tersebut, hingga disepakatilah bahwa 9 maret adalah sebagai Hari Musik Nasional serta untuk mensejahterakan musisi industri musik Indonesia.

Sebagai bangsa yang terlahir dari keberagaman suku, ras, bahasa, agama, bahkan warna kulit ini, tentu musik bisa menjadi salah satu perekat kita dalam berinteraksi satu sama lain, bisa saling membantu dalam melakukan berbagai kegiatan amal yang positif, dalam membantu permasalahan-permasalahan sosial bangsa ini, seperti contoh saling membantu mengadakan konser amal dalam penggalangan dana untuk membantu korban banjir, longsor, gempa bumi, bahkan untuk membantu tenaga medis yang hari ini sedang berjuang menangani pasien-pasien covid-19 untuk sembuh dari musuh kecil yang terlihat ini, namun nyata adanya. Semua dilakukan secara gotong royong melalui media music, tanpa mempertanyakan agama masing-masing. Namun bersinergi untuk saling menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kemanusiaan yang universal.

Selamat memperingati Hari Musik Nasional untuk semua insan musik Indonesia, teruslah berkarya dan menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang bhineka ini. Perbedaan adalah kita, namun kesatuan adalah visi misi bangsa kita. Kita berbeda, namun kita tetap satu dalam ikatan kebangsaan, tugas kita adalah menjadi bangsa yang menjaga kebhinekaan ini dengan sebuah perdamaian dan toleransi secara sungguh dan tulus.

Nuraini Zainal

Hari Perempuan Internasional

Ditulis Oleh : Husnul Hayati

Previous article

Harapan di Hari Musik Nasional 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita