Berita

Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021

0


1 Mei 2021 merupakan Hari Buruh Internasional yang juga sering dikenal dengan sebutan May Day, sejarah awal penyebutan May Day merupakan perayaan pergantian musim ke musim semi yang terjadi di Amerika Serikat. May Day ini merupakan hari persatuan, kebersamaan, kelahiran kembali, serta hari berkumpulnya semua orang dan serta merayakan kehidupan, sehingga disebut May Day.


Penyebutan May Day ini berlangsung hingga bertahun-tahun, dan kemudian tepat pada abad ke-19 makna May Day sendiri mulai berubah menjadi Hari Pekerja Internasional sebagai bentuk kepedulian kepada kaum buruh dan merayakan hak-hak buruh sesuai dengan semestinya di Amerika Serikat kala itu.


1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Internasional yang lahir akibat federasi internasional yang dilakukan oleh kelompok sosialis serta serikat buruh kala itu. Hari Buruh Internasional diadakan sebagai sebuah bentuk penghormatan akan hak-hak para pekerja dalam rangka memperingati Kerusuhan Haymarket yang terjadi pada tahun 1886 di Chicago.


Hingga pada abad ke-20, 1 Mei ditetapkan sebagai hari libur oleh Uni Soviet yang juga dijadikan sebagai perayaan Hari Buruh International, yang terutama di belahan negara-negara Komunis. Begitu juga dengan negara-negara lainnya seperti Australia, Selandia Baru, ataupun Kanada yang juga memperingati Hari Buruh walaupun dengan hari yang berbeda.


Tak terkecuali di Indonesia, 1 mei merupakan hari libur yang juga sebagai peringatan Hari Buruh bagi masyarakat. Tepat di Hari Buruh ini, banyak sekali masyarakat Indonesia menggunakan momentum ini untuk menyampaikan berbagai keluh, ketidakadilan para Buruh, serta aspira-aspiranya kepada pemerintah.


Berbagai cara dilakukan oleh mereka agar hak-hak mereka dipenuhi, walaupun perjuangan mereka untuk didengar sangatlah berat, tetapi mereka tetap semangat untuk turun ke jalan-jalan menyampaikan apa yang mereka rasakan, berbagai elementpun ikut mendukung mereka dalam memperjuangkan hak-hak parah Buruh yang masih sangat jauh dari kata layak ini. Seperti aksi mahasiswa yang juga turun ke jalan, ataupun aksi-aksi berbagai komunitas yang konsen di isu-isu terkait.


Selamat Hari Buruh kepada semua para pekerja, tetaplah semangat dan senantiasa memberikan yang terbaik sesuai keahlian masing-masing. Semoga para penguasa kita mampu memperhatikan Para Buruh lebih baik lagi. Tetaplah kuat, tetaplah produktif, dan tetaplah memberikan yang terbaik. Selamat Hari Buruh Internasional untuk semua Buruh di dunia ini.

Nuraini Zainal

Mungkin Inilah Urgensi Penangkapan Munarman

Previous article

KRI NANGGALA 402 TENGGELAM DAN 53 AWAK DINYATAKAN MATI SYAHID, APAKAH BOM BUNUH DIRI JUGA DINYATAKAN DEMIKIAN?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita