Budaya/Sastra

Hari Batik Indonesia

0

Hallo, sobat damai!

Selamat Hari Batik Indonesia!

Kamu punya berapa pakaian batik di lemari pakaianmu? Setidaknya setiap kita pasti memiliki pakaian batik seperti baju, rok, celana, gaun, blezer, ataupun sarung batik, entah itu untuk pakaian sekolah atau menjadi dresscode seragaman di kantor setiap minggunya.

Sudah tidak asing lagi bahwa batik merupakan kekayaan Indonesia yang sangat mendunia, corak dan  motifnya yang memukau membuat setiap orang yang melihatnya ingin memilikinya.

Kesenian batik juga telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia karena dalam pembuatan batik diperlukan ilmu membatik seperti pemilihan canting, design, motif, dan pewarnaanya. Kemudian karena batik juga sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, khususnya di Pulau Jawa serta batik juga kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kegiatan sehari-hari sejak dahulu hingga saat ini seperti pakaian.

Kesenian batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan berikutnya beserta raja-rajanya. Kesenian batik secara umum meluas di Indonesia dan secara khusus di Pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Dahulu, kegiatan membatik hanya terbatas dalam keraton saja dan batik yang dihasilkan untuk pakaian raja dan keluarga pemerintah serta para pembesar. Karena banyak pembesar yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar dari keraton dan dihasilkan pula dari tempatnya masing-masing. Lama kelamaan kesenian batik ini ditiru oleh rakyat jelata dan selanjutnya meluas sehingga menjadi pekerjaan kaum wanita rumah tangga yang memiliki waktu luang. (Wikipedia: Sejarah Batik di Indonesia)

Biasanya di beberapa daerah di Indonesia memiliki motif dan corak tersendiri dari daerah masing-masing. Beberapa motif Batik Nusantara yaitu Batik Mega, Batik Sogan, Batik Tujuh Rupa, Batik Priangan, Batik Gentongan, Batik Parang, Batik Kawung, Batik Sekar Jagad, dan masih banyak motif batik lainnya yang menandakan ciri khas suatu daerah. Kesan yang ditunjukkan dari setiap motif batik tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari jenis motif dan corak dari batik tersebut.

Sekarang batik sudah sangat populer sampai ke manca negara. Orang-orang luar biasanya akan terpukau dengan corak, motif dan warna-warna dari kain batik. Kita  sebagai warga negara Indonesia patut bangga karena Batik Indonesia merupakan ciri khas dari negara kita. Menggunakan batik bisa disuatu acara Internasional juga bisa menjadi ciri khas bahwa kamu adalah orang Indonesia. Menggunakan batik juga bisa menandakan bahwa kita mencintai warisan kebudayaan negara kita dan mencintai produk lokal.

Sebagai generasi muda, mari kita terus jaga dan lestarikan kesenian Batik Indonesia agar tidak luntur dari Indonesia dan buat dunia semakin terpukau dengan Indonesia! Selamat Hari Batik Indonesia, Sobat Damai!

Menjaga Kedamaian

Previous article

Direktur Pencegahan BNPT : Waspada Pada Kelompok Teroris Yang Mencoba Merubah Sejarah Bangsa Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *