Berita

Dengan Seni Melawan Radikalisme

0

Komitmen dalam mencegah berkembang nya paham Radikalisme di kalangan masyarakat , Duta Damai Regional Sumbar melalui redaksi Galamai terpikir akan sesuatu hal , yaitu bahwasanya kearifan lokal sangat berpengaruh terhadap kontravensi suatu pola pikir masyarakat dalam menanggapi suatu isu serta peristiwa .

Dengan pikiran tersebut , Duta Damai Regional Sumatera Barat mengadakan kegiatan dengan tajuk “Melawan Hoax Dengan Karya Seni” , dimana tim berkunjung ke salah satu komunitas seni terkenal yaitu Darak Badarak , yang merupakan Finalist 2 Kali berturut-turut pada IDP Fest (2017-2018).

Agenda kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 September 2017 di Sanggar Seni Kolong Darak Badarak, Jati Hilir Kota Pariaman . Saat kami hadir di lokasi tim Duta Damai Sumbar di sambut dengan tari Pasambahan.

Kegiatan ini di ketuai oleh Arrafi Saputra Irwan , ia mengatakan bahwasanya Paham Radikalisme yang meraja lela di lingkungan masyarakat hadir melalui hoax kebencian yang di lontarkan oleh orang yang berpaham radikalis , oleh karena itu dengan ada kegiatan ini kita bersosialisasi dengan komunitas seni yang diharapkan berperan dalam menyampaikan pesan damai di setiap kegiatan yang dilakukan baik itu ketika performance di kancah nasional maupun internasioal serta upaya dalam mengisi konten seni yang sering di unggah pada akun media sosial seperti instagram.

Selain itu , kegiatan ini di support oleh Akun media sosial Sumbar Punya Sejarah dengan harapan dengan kearifan lokal melalui seni ini setidaknya paham kekerasan yang berkembang di lingkungan masyarakat baik di dunia nyata maupun di dunia maya dapat di mininalisir , bagaimanapun masyarakat Sumatera Barat merupakan masyarakat cinta terhadap budaya,seni dan kearifan lokal , dengan menyampaikan pesan damai melalui karya seni , kami yakin pesan yang di sampaikan lebih mudah di terima oleh masyarakat .

Teman-teman dari komunitas seni sangat antusias atas kehadiran kami , kegiatan berlangsung secara khidmat dimana darak badarak menampilkan karya seni mereka, Ribut Anton Sujarwo ketua Komunitas terbaik ini mengapresiasi niat baik dari rekan duta damai , Ribut mengatakan apapun kegiatan positif untuk kebaikan masyarakat merupakan kewajiban yang harus di dukung demi menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

  • Gusveri Handiko ll DD SUMBAR

Duta Damai Sumatera Barat Audiansi dengan FKPT Sumbar dan Kementrian Pertahanan Wilayah Sumbar

Previous article

Duta Damai Regional Sumbar Kampanye Literasi Damai Di Pasa Siti Nurbaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita