Edukasi

Bukan Cuma Kekerasan Fisik Ini Dia 5 Jenis-Jenis Bullying Yang Perlu Sobat Damai Ketahui

0

Ungkapan bullying rasanya sudah tidak asing lagi didengar bukan? Tapi apakah sobat damai tahu apa saja jenis-jenis bullying?

Bullying merupakan perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang menyakiti orang lain, baik dalam bentuk verbal, psikologis atau emosional bahkan sampai kekerasan dalam bentuk fisik.

Tindakan bullying ini bisa dilakukan oleh kelompok atau perorangan yang merasa memiliki fisik atau mental yang lebih kuat dibandingkan korban.

Dampak dari bullying ini sangatlah besar, baik untuk fisik dan psikis dalam menjalani hari-hari sampai kepada pandangan masa depan korban.

Ini dia 5 jenis-jenis bullying yang perlu sobat damai ketahui.

Physical Bullying

Bullying yang dilakukan dalam bentuk kekerasan fisik ini sering kali kita temukan. Biasanya pelaku bullying melakukan kekerasan fisik seperti menendang, mendorong, memukul, mencubit dan lainnya yang berkaitan dengan fisik.

Akibat dari pembullyan ini adalah bekas kekerasan yang timbul pada bagian fisik korban yang membekas. Bullying jenis ini paling mudah dilaporkan pada pihak berwajib, karena ada kekerasan membekas yang menjadi bukti dar pembullyan secara fisik.

Cyber Bullying

Cyber bullying merupakan bullying yang dilakukan dalam ruang digital atau lebih tepatnya di dunia maya. Hal ini terjadi di media digital dalam bentuk platform chatting, bermain game dan postingan.

Perilaku yang dilakukan pelaku kepada korban diantaranya perilaku berulang yang dilakukan untuk menakuti dan mempermalukan korban. Macam-macam cyber bullyin ini beragam diantaranya, menyebar berita bohong tentang seseorang, meposting foto yang kurang pantas, mengirim pesan dalam bentuk ancaman, berkomentar menyakitkan, mengatasnamakan sesorangdan masih banyak lagi macam-macam kejahatan cyber di media digital.

Financial Bullying

Jenis ketiga yaitu financial bullying atau penindasan secara finansial. Biasanya tindakan penindasan ini dilakukan oleh korban berkaitan dengan uang dan financial baik dalam jumlah yang sedikit sampai dengan jumlah yang besar.

Contoh dari financial bullying diantaranya berupa pemalakan uang, penggelapan uang yang merugikan orang lain dan sebagainya. Tindakan ini dapat langsung dilaporkan kepada pihak yang berwajib agar korban jera dalam melakukan aksinya.

Prejudicial Bullying

Preducial bullying merupakan salah satu jenis pembullyan yang dilakukan berdasarkan prasangka terhadap ras, suku ataupun agama tertentu. Pelaku seolah memberikan pembatasan karena sebuah perbedaan, dan pelaku menargetkan orang lain yang dirasa berbeda dari mereka dan menjauhi, mengintimidasi atau bahkan mendiskriminasi mereka.

Body Shaming Bullying

Body shaming adalah perilaku bullying terkait fisik seseorang. Body shaming adalah perilaku menghina bentuk fisik orang lain yang dirasa tidak sesuai dengan standar yang ideal.

Misalnya mengomentari bentuk susunan gigi orang lain yang diras berbeda dengan standar yang mereka tetapkan sendiri. body shaming ada dimana-mana seperti percakapan sehari-hari dan dalam dunia maya.

Itulah 5 jenis-jenis bullying dalam Kehidupan sehari-hari. Setelah mengetahui dan memahami bahwa perilaku diatas adalah perilaku yang tidak pantas mari kita ajak diri kita dan orang lain untuk berhenti melakukan perbuatan tersebut.

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    Menanggapi Kejadian Anak Usia 6 Tahun Membuka Pintu Darurat Pesawat Citilink Saat Terbang

    Previous article

    Syarif Hasan Mengecam Pembakaran Mimbar Mesjid Di Makassar

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi