Dalam rangka menyinergikan keberlanjutan program nasional Pusat Media Damai,
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali mengadakan pelatihan Duta Damai Dunia Maya di Provinsi Sumatra Barat.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 – 31 Mei 2024 ini diadakan di Hotel Truntum Padang dan diikuti oleh 60 peserta dari kalangan milenial Sumbar yang memiliki keahlian di tiga bidang, yaitunya multimedia, penulisan, dan DKV.

Sebelumnya BNPT telah sukses menyelenggarakan pelatihan pada tahun 2017 yang disebut sebagai Generasi Pertama yang kemudian dilanjutkan pada tahun 2020 yang disebut Regenerasi Pertama dan tahun 2024 sebagai Regenerasi Kedua. Selaku Direktur Pencegahan BNPT-RI, Prof. Irfan Idris, M.A., membuka secara langsung kegiatan pada Selasa (28/5/24). Adapun panitia yang terlibat di dalam kegiatan yang berjumlah sebanyak 12 orang yang merupakan Duta Damai dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam kegiatan ini peserta diberikan materi tentang sejarah terorisme, fenomena radikalisme radikal di masa kini, dan strategi kebijakan penanggulangan terorisme di dunia maya yang disampaikan secara langsung oleh Direktur Pencegahan dan Kasubdit Kontra Propaganda. Selain itu, peserta juga diberikan materi dan pelatihan tentang produksi konten dan manajemen media sosial dan jurnalistik serta teknik penulisannya oleh pihak PMD yang berada di divisi produksi, penulisan, dan IT.

Sebagai perpanjangan tangan BNPT-RI dalam melawan penyebaran ideologi radikal terorisme di Indonesia, Duta Damai harus menempatkan dirinya sebagai agen perubahan dan bermental tangguh serta berpikir kritis. “Adik-adik semua yang telah bergabung dalam pelatihan ini adalah orang-orang terpilih yang akan menjadi agen perubahan yang akan menyebarkan narasi perdamaian mencegah paham radikal terorisme di Sumatera Barat terkhususnya,” ujar Direktur Pencegahan Terorisme Prof. Dr. Irfan Idris, M.A., pada saat menyampaikan materi di ruang pertemuan Ombilin Hotel Truntum Padang, Selasa malam (28/5/24).


Pada pelatihan yang berlangsung selama 4 hari 3 malam ini, peserta tidak hanya diberikan materi-materi pelatihan, mereka juga diberikan tugas untuk membuat proyek tim sesuai bidang dalam bentuk video dan tulisan terkait Duta Damai yang kemudian akan dipresentasikan pada hari penutupan acara di hadapan pihak BNPT -RI (selaku penyelenggara), Densus, dan tamu undangan. Pelatihan ini ditutup dengan agenda Pengukuhan Duta Damai BNPT Regional Sumatera Barat dan pembacaan Ikrar Damai.

ENGLISH EXPRESSIONS THAT PEOPLE NEED TO KNOW PART 5

Previous article

KEBUN GAMBIR DENGAN PEMANDANGAN TER-INDAH DI KABUPATEN 50 KOTA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita