EdukasiOpini

Berapa Penduduk Sumatera Barat?

0

Sebagai salah satu provinsi di wilayah barat pulau Sumatera, Sumbar dikenal sebagai provinsi dengan keindahan alam yang eksotis dan alami. Meski dengan pengelolaan yang masih di Anggap belum profesional oleh para pelancong domestik maupun asing. Banyak keluhan di media sosial terkait dengan perpakiran dan kebersihan di wilayah ini.

Menarik untuk di lihat berapakah jumlah penduduk provinsi ini.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik, Sensus Penduduk (SP) 2020 mencatat jumlah penduduk Sumatera Barat berjumlah 5,53 juta jiwa. Jumlah tersebut terdiri atas 2,79 juta jiwa laki-laki dan 2,75 juta jiwa perempuan. Dengan demikian, jumlah penduduk di Ranah Minang ini bertambah 687.560 jiwa dalam rentang 10 tahun dibanding SP 2010 atau rata-rata meningkat 68,78 ribu jiwa atau 1,29 per tahun.

Kota Padang tercatat sebagai wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak dibanding 18 kabupaten/kota lainnya, yakni sebanyak 909,04 ribu jiwa, terdiri dari 456,33 ribu jiwa berjenis kelamin laki-laki dan 452,71 ribu jiwa perempuan. Sementara Kota Padang Panjang merupakan wilayah dengan penduduk paling sedikit, berjumlah 56,31 ribu jiwa terdiri atas 28,28 ribu laki-laki dan 28,03 ribu jiwa perempuan.

Menurut kelompok umur, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) di provinsi yang memiliki cerita legenda Maling Kundang tersebut menunjukkan tren kenaikan dari 51,49% pada SP 1971 menjadi 67,98% pada SP2020. Adapun, proporsi Generasi Z mencapai 28,15% dan Generasi Milenial sebesar 25,12% dari total populasi.

Menurut rilis dari BPS Sumatera barat mata pencaharian penduduk Sumbar adalah Pertanian, Pertambangan dan Industri. Artinya belum terlalu berkembangnya industri jasa di wilayah Sumatera barat ini. Ketika sektor jasa tidak terlalu dilirik oleh penduduk nya kemungkinan sektor pariwisata juga tidak terlalu diperhatikan. Padahal wilayah ini memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya di pulau Sumatera. Dapat dilihat dari jumlah kepadatan lalu lintas ketika libur di provinsi ini. Dimana jalanan akan semakin dipadati oleh mobil Dengan plat luar daerah seperti Riau,Jambi, sumsel, sumut hingga Bengkulu.

Sumatera barat harus mampu mengembangkan pariwisata nya sehingga sektor ini mampu menjadi salah satu sumber pendapatan penduduk nya. pariwisata harus mampu di kelola dengan baik oleh semua pihak. Pemda harus mampu memperdayakan penduduk disekitar objek wisata, mengedukasi mereka dan semaksimal mungkin memberikan pelatihan pengelolan objek wisata kepada mereka.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Islamophobia, Siapakah Yang Salah?

    Previous article

    Waw… 20 SMA di Sumbar Masuk Ranking UTBK 2021

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi