Edukasi

Anies Baswedan Di Roasting Kiky, Apa Saja Istilah Dalam Dunia Stand Up?

0

Istilah roasting menjadi ramai setelah gaduh antara komika Kiky Saputri dan komedian senior Sule. Kiky sebenarnya mempunyai Spesifikasi stand up di Roasting itu sendiri, Karena nama Kiky mendadak besar setelah meroasting anggota DPR RI Beberapa tahun yang lalu. Roasting sendiri merupakan istilah yang lumrah dalam komedi.

Tidak sampai di situ saja belakangan nama Kiky juga Diperbincangkan setelah meroasting gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan. Bagaimana tidak formula E menjadi salam pembuka roastingannya.

Selain roasting, industri komedi termasuk stand-up comedy memiliki sejumlah istilah yang perlu diketahui. Berikut istilah-istilah yang terkait dengan teknik komedi:

Set-up

Untuk membangun sebuah premis komedi, maka seorang komedian harus mengungkapkan atau mendeskripsikan situasi, baik singkat maupun panjang lebar.

Kemudian, setelah penonton terbawa pada suasana yang terbangun, mereka siap menerima komedi sebagai respon dan jawaban dari hal yang diungkapkan dan dideskripsikan. Hal tersebut dinamakan sebagai set-up.

Punchline

Punchline adalah bagian lucu dari sebuah lawakan. Punchline adalah respon dari sebuah deskripsi atau set-up yang sebelumnya disampaikan.

Keberhasilan dari sebuah punchline ditentukan dari seberapa kuat seorang komedian membangun dan menggiring pikiran penonton melalui set-up.

Bit

Bit adalah sebuah item komedi. Biasanya, bit juga disebut sebagai sebuah materi komedi. Dalam rangkaian sebuah penampilan stand-up comedy, seseorang merangkai beberapa bit.

Bit sendiri secara teori dan pada umumnya tersusun dari set-up dan punchline. Tapi, improvisasi seorang komedian memungkinkan dalam satu bit menghadirkan lebih dari satu punchline.

Roasting

Dilansir dari Liveabout, roasting mengacu pada teknik komedi mengolok-olok sesuatu, seseorang, atau hal apapun. Biasanya roasting memang jelas tertuju pada suatu objek yang disebutkan.

Olok-olok memang menjadi formula mudah untuk membangun sebuah lelucon, karena hal tersebut sebetulnya biasa dilakukan di keseharian. Namun, biasanya roasting diakhiri dengan bentuk penghormatan.

Act Out

Teknik komedi selanjutnya yang kerap digunakan seorang komedian adalah Act Out. Teknik ini adalah teknik memperagakan sesuatu untuk menyampaikan pesan dengan unsur komedi.

Biasanya Act Out dilakukan berlebihan, agar gerakan tersebut terlihat lucu dan penonton paham apa maksud komedi dari gerakan yang dilakukan.

Callback

Sebuah punchline biasanya bisa lucu berkali-kali jika konteksnya berulang, bahkan menjadi tambah lucu. Ketika seseorang mengambil punchline yang telah ia keluarkan, dan menyampaikannya ulang dengan konteks tertentu, itulah teknik callback.

Butuh kejelian untuk melakukan teknik callback. Pahit-pahit, punchline kedua yang dikeluarkan tidak jadi lucu karena konteksnya tidak terbawa, dan terkesan sebagai pengulangan semata.

Laugh per Minute (LPM)

LPM digunakan sebagai variabel penilaian untuk sebuah penampilan stand-up comedy. Artinya, berapa kali tawa yang terjadi dalam 1 menit menjadi tolak ukur sebuah penampilan stand-up comedy berhasil atau tidak.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Terjadi Ledakan di Rumah Orang Tua Veronica Koman, Densus 88 Belum Simpulkan Apakah Ledakan Bom

    Previous article

    Teologi Kerukunan dalam Islam

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi