EdukasiOpini

MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI MULAI DARI DIRI KITA, CARANYA BAGAIMANA?

0

Apakah anda tahu apa itu toleransi? Apakah anda pernah bersikap demikian? Atau anda sama sekali tidak mengetahui toleransi? Dan juga tidak pernah bersikap demikian?

Cara menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan menjadi tuntutan penting bagi setiap manusia di muka bumi,  dengan memiliki sikap toleransi maka kita akan mudah beradap tasi dengan sesuatu yang baru dan terbiasa menghargai dan menanamkan kepercayaan satu sama  lain terhadap hal yang baru kita temukan. Misalnya ketika bersekolah di  luar negeri, disana akan banyak perbedaan kita temukan dan kita harus bersikap demikian agar  dengan mudah ikut bergabung dengan daerah yang baru kita tempati.

Toleransi adalah carameng hargai dan menerima perbedaan atas perilaku, budaya, agama dan ras yang ada di dunia ini.  Toleransi adalah keniskayaan bagi bangsa majemuk dengan berbagai latar belakang agama suku, ras, dan golongan.  Bersikap toleransi antar sesama manusia sangat dibutuhkan, agar dapat saling membantu tanpa memandang perbedaan suatu apapun yang melatar belakangi seseorang.

Menerima perbedaan antar suku, agama ras dan antar golongan dapat dimulai dari diri kita. Tentunya dengan memposisikan diri dengan tepat ditengah-tengah masyarakat sekitar dengan nyaman, tentram, dan aman.

Berikut 5 cara menumbuhkan sikap toleransi mulai dari diri kita :

  1. Menganal Perbedaan

Perbedaan memang ada dan bagaimana pun tidak akan ada yang bisa menolaknya, bahkan untuk membunuhnya sekalipun. Sehingga toleransi adalah satu-satunya jalan untuk memecahkan masalah perbedaan yang ada. Anda bisa mempelajari perbedaan dari hal apapun, bisa dimulai dari hal kecil lebih dahulu. Seperti anda menyukai music R&B dan pasangan anda menyukai music Dangdut, dengan demikian anda tidak bisa memutar music  kesukaan anda setiap perjalanan bersama karena jenis music itu merupakan kesukaan anda.  Anda harus bisa memberi toleransi yang tepat dan mempelajari perbedaan dari hal apapun.

2. Mengenali Diri Sendiri

Anda harus lebih dulu mengenal diri anda sendiri untuk bisa berbuat toleransi kepada yang lain.  Terkadang banyak orang yang tidak dapat memberikan toleransi karena mereka tidak intropeksi diri akan apasaja yang merekamiliki. Dimana anda mengomentari atau menilai hal buruk yang ada pada orang lain dan tidak bisa memberikan batasan yang baik.  Pada hal diri anda sendiri bukan termasuk orang yang cukup baik. Jika sudah mengenali diri bisa jadi rasa toleransi yang  belum ada pada diri anda akan mulai terbangun dengan sendirinya.

3. Memper banyak Teman

Memiliki banyak teman dengan banyak perbedaan akan membuat diri anda memiliki sikap toleransi dengan sendirinya. Nilai-nilai toleransi hanya bisa dipahami jika anda telah mengetahui dan menganal banyak macam perbedaan. Adanya banyak teman dengan latar belakang yang  berbeda-beda dapat membantu anda untuk lebih mengerti dan menghargai perbedaan yang ada.  Dengan demikian anda akan lebih mudah menumbuhkan dan memupuk nilai toleransi yang  ada pada diri anda.

4. Bertindak Secara Bijaksana

Kebanyakan mereka yang  tidak bisa hidup bertoleransi terlalu takut akan hal baru dan menyimpulkannya dengan tergesa-gesa. Mereka berfikir dengan adanya toleransi maka apa yang  mereka percaya akan terganggu dan apapun prinsip mereka akan terhapus dengan memaksa untuk mengikuti nilai toleransi.  Padahal kenyataannya pikiran picik mereka salah besar dalam mengenal nilai-nilai toleransi.  Dengan memiliki sikap toleransi anda bisa saja hidup dengan tatanan kehidupan anda dan hanya saja anda harus dapat mengahargai tanpa mengganggu dan menghasut hal baru apapun.

5. Tidak Memaksakan Kehendak

Sebagai makhluk social  kita tidak bisa memutuskan suatu perkara bersifat umum dengan keinginan kita sendiri tanpa meminta persetujuan dari orang lain. Semua orang  memiliki pendapat dan keinginanya sendiri. Dengan adanya sikap toleransi kita akan menghargai setiap pendapat yang ada,  dan bisa saling mendiskusikan bersama untuk mengambil kesimpulan bagaimana baginya untuk kebaikan bersama.

Demikian beberapa cara untuk membangun sikap toleransi dimulai dari diri kita,  anda bisa memulai sikap bertoleransi sejak dini dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang  ada disekitar anda.

Ditulis oleh : Husnul Hayati

Cover : Kartika Yulia Ismed

Belajar Pola Pikir Sofyan Djalil”Sang Mentri Segala Presiden”

Previous article

Hari Guru Untuk Siapa?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi