Redaksi – Duta Damai Sumbar, World University Ranking (UniRank) telah merilis daftar universitas terbaik di Sumatra Barat (Sumbar) 2021. UniRank adalah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki sebuah perguruan tinggi.

Di Indonesia, UniRank memberi peringkat kepada 577 perguruan tinggi yang memenuhi syarat. Syarat tersebut antara lain telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi Indonesia.

Perguruan tinggi menawarkan setidaknya pendidikan jenjang S1, atau pendidikan jenjang S2, dan S3. Serta memberikan pembelajaran formal baik dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan daring.

Berikut ini 5 universitas terbaik di Sumbar 2021 versi UniRank:

1. Universitas Andalas

Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia.

Universitas Andalas (Unand) terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang. Terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya. Saat ini Unand berada di peringkat 22 universitas terbaik di Indonesia.

2. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) berdiri pada 23 Oktober 1954. Saat ini UNP berada di peringkat 37 nasional.

Pada 2011, UNP menjadi salah satu dari 28 perguruan tinggi negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia.

3. Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta (UBH) didirikan pada 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara.

Lokasi kampus pusat berada di Jalan Sumatra, Ulak Karang, Kota Padang. Saat ini UBH berada di peringkat 126 se-Indonesia dan menjadi universitas swasta terbaik di Sumbar.

4. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) adalah perguruan tinggi Islam negeri di Kota Padang.

Nama Imam Bonjol adalah seorang ulama dan pahlawan nasional yang berasal dari Sumatra Barat (Sumbar). Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 tahun 2017, IAIN Imam Bonjol resmi berubah menjadi UIN Imam Bonjol.

5. Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat

Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UM Sumbar) merupakan salah satu universitas swasta tertua di Sumbar yang telah berdiri sejak 18 November 1955.

UM Sumbar memiliki kampus yang tersebar di 4 kota, yakni Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Payakumbuh. Saat ini UM Sumbar berada di peringkat 216 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan UniRank

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Facebook Resmi Mengganti Nama Menjadi Meta

    Previous article

    Sentimen Agama Yang Berbalut Perpecahan Hingga Terorisme

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    More in Berita