Edukasi

Smartphone Bikin Kena Syndrome (2)

0
smartphone bikin kena syndrome (2)
Cover by: Dicky Vernando

Hallo, sobat damai!

Pengunanaan  smartphone dan media elektronik lain secara belebihan ternyata masih memiliki banyak dampak dalam kehidupan kita.  Apalagi kebijakan pemerintah baru-baru ini mengharuskan kita untuk kembali melakukan aktivitas di rumah saja, tentu membuat kita semakin lama berkutat dengan smartphone.

Setelah berkenalan dengan Cubital Tunnel  Syndrome, masih ada De Quervain  Syndrome yang biasanya ‘menyerang’ sobat damai yang suka bermain game offline ataupun online menggunakan ibu jari.

Apa itu De Quervain Syndrom? De Quervain  Syndrome atau yang disingkat DQS adalah bentuk peradangan yang disertai rasa nyeri dari selaput tendon yang berada di sarung sinovial, yang menyelubungi extensor pollicis brevis dan abductor pollicis longus.

Jadi? DQS adalah suatu rasa nyeri akibat peradangan karena penggunaan berlebihan atau  overuse pada ibu jari, hal ini bisa membuat gangguan pada pergelangan tangan dan bisa menimbulkan luka pada tendon atau pergelangan tangan.

Lalu kenapa para gamers yang sering terkena DQS? Biasanya permainan yang dilakukan menggunakan smartphone rata-rata menggunakan ibu jari sebagai “setir” saat bermain. Saat bermain games dalam jangka waktu yang lama, maka ibu jari akan mengalami kelelahan dan trauma sehingga terjadi degenerasi dini pada jaringan ibu jari yang tertekan. Otot-otot jari yang mengalami penekanan akan bekerja lebih atau  overuse sehingga timbul rasa nyeri.

Gejala yang bisa menandakan seseorang terkena DQS yaitu mengalami rasa nyeri dan bengkak pada ibu jari, kesulitan saat menggenggam, jika ditekan pada area ibu jari tersebut terasa tidak nyaman, dan menghambat gerakan pada ibu jari.

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

  1. Menghindari penggunaan berlebih pada ibu jari, seperti bermain game atau aktivitas lain yang menggunakan ibu jari sebagai kemudi utama.
  2. Beri jeda atau istirahatkan ibu jari jika lelah atau sudah lama bekerja.
  3. Lakukan gerakan-gerakan latihan sederhana pada ibu jari dan pergelangan tangan seperti menggenggam bola dan memutar pergelangan tangan, bermain karet gelang pada jari –jari tangan, dan gerakan yang membuat pergelangan dan ibu jari bisa rileks dan tidak kaku.
  4. Kompres dengan es selama 20 menit pada daerah yang radang atau nyeri dan hentikan aktivitas sejenak.
  5. Kunjungi fasilitas kesehatan yang ada, seperti dokter ataupun fisioterapis yang bisa membantu dalam penanganan dan pemulihan keadaan ibu jari dan pergelangan tangan.

Nah, buat sobat damai yang sering menggunakan ibu jari berlebihan dalam jangka waktu yang lama dan menimbulkan rasa nyeri bisa saja kamu terkena  syndrome yang satu ini, terutama sobat damai yang suka bermain game di  smartphone dengan waktu yang lama. Ingat, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, stay safe semuanya!

MENEGUHKAN PERSAUDARAAN

Previous article

Mahasiswa Dan watak Yang Harus Dimilikinya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi