Sinergi berasal dari bahasa Yunani synergos yang berarti bekerja bersama-sama. Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimum. Ada beberapa syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreativitas.

Agar bisa menyatukan seluruh elemen untuk bahu membahu, perlu kepemimpinan dengan gaya manajemen sinergi. Kepemimpinan jenis ini dapat membangkitkan kepercayaan antar orang di dalam organisasi. Membangun komunikasi yang tidak ditunda-tunda untuk mencegah distorsi pesan serta membudayakan umpan balik yang cepat sebagai pola hubungan yang erat baik vertikal maupun horizontal.

Jika kepemimpinan ini dipraktikkan, pemimpin mendorong pegawai untuk mengenal satu sama lain melalui berbagai aktivitas sosial. Mereka diajak berperilaku baik yang tidak menimbulkan kecurigaan dan kekhawatiran pihak lain akan kehilangan posisi atau kariernya. Tidak sekadar para pegawai yang demikian itu, tetapi juga manajemen. Kreativitas serta inovasi digalakkan sehingga memperkuat dan memperkaya sinergisme dalam organisasi.

Penulis membayangkan tim bekerja sama dengan hangat dan senyum tulus, berdiskusi di kedai kopi sambil menikmati kopi tubruk ditemani roti bakar yang rasanya nendang. Duduk santai di gazebo kampus sambil makan singkong goreng menerima masukan dari para petugas cleaning servis, satpam atau juru parkir kampus. Tanpa jarak dan batas. Tanpa target pencitraan.

Saling Percaya

Salah satu prinsip sinergi adalah membangun kepercayaan  dalam organisasi. Kondisi saling memercayai harus dibangun walaupun memerlukan waktu. Ini penting karena kepercayaan (trust) yang bijak dan cerdas adalah hal yang dapat mengubah sesuatu atau mewujudkan dinamika menuju perubahan yang diharapkan.

Dalam organisasi, kemampuan untuk membangun, menumbuhkan, menjaga dan mengembalikan semua kepercayaan para pemangku kepentingan maupun rekan kerja merupakan kunci sinergi.

Membangun trust berarti memikirkan suatu kepercayaan dalam cara yang positif, membangun langkah demi langkah, komitmen demi komitmen. Jika trust dianggap sebagai sebuah bentuk resiko dan penuh ancaman, maka tidak ada hal positif yang bisa kita dapatkan. Memang trust selalu berdampingan dengan ketidakpastian, tapi kita harus berusaha membuat diri kita sendiri untuk berpikir bahwa ketidakpastian tersebut sebagai sebuah kemungkinan dan kesempatan, bukan sebagai halangan.

Trust merupakan sesuatu hal yang penting bagi sebuah hubungan karena di dalamnya terdapat kesempatan untuk melakukan aktivitas yang kooperatif, pengetahuan, self-respect, dan nilai moral lainnya.

Rasanya kerja menjadi ringan, hati pun menjadi tenang.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Alam Takambang Jadi Guru

    Previous article

    Karna Perbedaan Adalah Sunnatullah

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi