EdukasiOpini

Persiapan Menjadi Pahlawan Masa Depan

0

Husnul Hayati – Duta Damai Sumatera Barat

Para pejuang yang berhasil merebut kemerdekaan dengan segenap pengabdian dan pengorbanannya layak diapresiasi dan diberikan penghargaan setinggi munkin. Karena tanpa perjuangannya, Indonesia tidak akan mungkin sampai pada titik ini.

Tapi masih adakah pahlawan masa kini? Lalu bagaimana caranya untuk menjadi pahlawan masa kini? Siapakah yang harus kita lawan, layaknya para pahlawan terdahulu dijadikan pahlawan karena perjuangannya melawan para penjajah dan berhasil merebut kemerdekaan. Untuk kita saat ini sepertinya penjajah tidak ada lagi.

Pahlawan bukan hanya tentang mereka di masa lalu. Saat ini medan perang semakin terbuka lebar, membutuhkan banyak pahlawan-pahlawan masa depan dengan semangat yang tangguh, segenap pengorbanan, pengabdian dan kontribusi yang dibutuhkan.

Sumbangsih kita sedang ditunggu oleh negeri ini. Pahlawan yang mau bergerak dalam setiap lini yang dibutuhkan oleh negeri in walau dengan keterbatasan  ruang gerak yang ada.

Memaknai hari pahlawan jangan hanya lewat postingan di social media saja. Secara nyata kita harus mulai menerapkan sikap-sikap kepahlawanan yang relevan zaman sekarang.Kita harus ikut andil dalam mengelola negeri ini di masa yang akan datang, yaitu dengan cara membangun sikap kepahlawanan itu sendiri.

Beberapa sikap kepahlawanan yang dapat mulai kita bangun sejak dini :

  • Mau Berkorban

Misalnya dengan ikut mengkampanyekan isu-isu perdamaian baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

  • Mempunyai Jiwa Pemimpin

Ikut serta dan mengambil bagian dalam suatu kelompok atau komunitas merupakan bagian dari suatu hal yang besar dan membawa  perubahan yang besar pula, kita bisa memulainya dari komunitas kecil terlebih dahulu.

  • Tanggung Jawab

Memiliki sikap tanggung jawab  perbuatan kecil maupun besar dalam setiap kegiatan memiliki sikap yang baik untuk masa depan dan setiap sikap yang diambil memiliki dampak juga untuk Negara.

  • Keberanian

Berani mengambil tantanggan dalam memecahkan isu sosial yang berkembang di masyarakat dan menjadikannya kepastian serta menjamin kebenarannya akan membuatmu dijadikan pahlawan oleh masyarakat.

  • Cinta Tanah Air

Panggilan untuk mengabdi, membela, memelihara dan melindungi Tanah Air dari ancaman termasuk jiwa patriotisme. Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, Turut serta melestarikan budaya Indonesia agar terus berkembang maju dan tidak tergerus oleh zaman.

Menerapkan sikap kepahlawanan harus dimulai sejak dini. Dengan demikian kita turut berkontribusi dan memajuakan Negara lewat pembentukan karakter anak bangsa dan menjadi pahlawan masa depan.

Pahlawan dulu dan sekarang

Previous article

Kepahlawanan Era Milenial

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi