BeritaEdukasi

PELITA Padang Menerangi Gereja di Malam Natal

0

Ibadah adalah kebutuhan setiap manusia, ibadah juga sering diartikan sebagai cara berkomunisai dengan Tuhan. Mengingat pentingnya ibadah maka perlu rasa nyaman saat melakukan proses peribadahan, terlebih lagi jika ibadah hari besar keagamaan.

Setiap tanggal 25 Desember umat Nasrani (Kristen dan Katolik) merayakan Ibadah Natal, bertepatan dengan hari suci tersebut sudah barang tentu umat Nasrani mengadakan ritual Keagamaan di Gereja masing-masing. Bertepatan dengan moment penting tersebut, para pemuda lintas agama yang tergabung dalam organisasi Pemuda Lintas Agama (PELITA) – Padang, melakukan aksi sosial yang menjadi Inspirasi dan patut di contoh oleh banyak pihak.

PELITA – Padang pada tanggal 24 Desember 2020 mengkamanyekan protokol kesehatan dengan 3 M (1. Menggunakan Masker,  2. Mencuci Tangan dengan Sabun, dan 3. Menjaga Jarak), selain itu para pemuda juga membagikan masker kepada masyarakat Kota Padang dan Wisatawan yang mengunjungi kawasan Wisata Pantai Muaro Lasak dan sekitaran Tugu Merpati Perdamaian Kota Padang, dengan harapan Liburan Natal 2020 penyebaran Virus Covid-19 dapat ditekan dan Tahun Baru 2021 kota padang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dapat terbebas dari virus tersebut.

Aksi sosial para pemuda tersebut tidak terhenti disana, para pemuda kemudian bergerak menuju Gereja Katolik Santo Ambrosius Stasi Tabing untuk ikut serta menjaga kehikmatan malam Misa Natal dengan membantu penyemprotan gereja dengan disinfektan sebelum ibadah misa dimulai, menata kursi diluar ruangan, membantu panitia melakukan pengukuran suhu badan terhadap para Jamaat Gereja dan memastikan mereka mencuci tangan dan menggunakan masker di lingkungan gereja.

Suasana Malam Natal Tahun ini dirasakan begitu berbeda, demikian diungkapkan oleh Bapak Romul Sitanggang Ketua Gereja tersebut “Terimakasih kepada Pemuda Lintas Agama (PELITA) Padang yang telah ikut ambil bagian dalam perayaan Natal Tahun ini, Kami begitu tersanjung karena hal seperti ini baru kali ini terjadi dan Gereja kami yang dipilih untuk kegiatan tersebut, semoga ini awal yang baik untuk kedepannya agar kegiatan seperti ini terus di adakan dan ditingkatkan” demikian juga ungkapnya.

Disela-sela ibadah Natal, PELITA Padang diwakili oleh pembinanya mendapatkan kesempatan dari Panitia Natal untuk memberikan sambutannya, Ferdiansyah Kebe dalam sambutanya mengatakan “Indonesia ada karena perbedaan Suku, Agama, Adat dan Budaya, hal tersebut harus kita jaga dan kita rawat sebagai khasanah Bangsa Indonesia. Kami Pemuda Lintas Agama Kota Padang Mengucapkan Selamat Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, mari kita jalin kerjasama antar agama dan kita ciptakan harmonisasi kehidupan beragama di Kota Padang pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya” dan hal tersebut di amini oleh Jamaat Gereja yang hadir pada malam Misa Natal tersebut yang berjumlah 240 orang.

Tulisan dan Foto : Suyadi

Di unggah : Ar Rafi

dutadamaisumbar

Polri: Jamaah Islamiah Menargetkan Santri Pesantren Untuk Di Rekrut

Previous article

BNPT: Teroris Memanfaatkan Ribuan Kotak Amal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita