Opini

“Pelintiran” Perang Palestina VS Israel di 2021

0

Perperangan antara Israel dan Palestina dimulai semenjak peristiwa berdiri nya negara Israel yang mengambil tanah yang diklaim oleh Palestina sebagai tanah mereka yang disokong oleh negara Arab. Silahkan baca sejarah panjang israel vs palestina sampai saat ini.

Rakyat Palestina berjuang melawan perampasan tanah oleh Israel. Untuk melegitimasi perampasan tanahnya, Israel mulai menulis ulang Undang-Undang Tanah Utsmaniyyah dan menerapkan apa yang mereka sukai, agar dapat menyatakan properti pribadi rakyat Palestina sebagai tanah negara.

Dokumen bersejarah Palestina dari era Utsmaniyah berisi catatan tentang kota Yerusalem, dan menunjukkan bahwa tanah Palestina adalah milik bangsa Palestina. Israel menolak mengakui catatan sejarah ini, yang menunjukkan negara Israel berdiri di atas tanah Palestina.

Dari sejarah yang ada menunjukkan bahwa konflik antara Israel dan Palestina diawali dengan perebutan tanah di yang di klaim masing-masing sebagai tanah mereka. Dari perjanjian yang ada dan telah diusahakan oleh beberapa pihak dinilai sudah sangat usang dan hanya dinilai basa basi saja. Dimana semua pihak hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri. Baik Hamas, Fatah, zionis dan pemimpin negara lainnya yang berkepentingan lain dengan kedua negara ini.

Muncullah narasi yang menyesatkan bahwa konflik antara Israel dan Palestina adalah konflik antar agama Islam dan yahudi yang banyak di jual oleh pemimpin negara di timur tengah seperti Arab Saudi dan turki.

Turki pada kenyataannya makin lama makin intens dalam perdagangan dengan israel. Sementara Arab Saudi pada kenyataannya juga melakukan hal yang sama dengan Israel yaitu menghancurkan yaman.

Sementara itu dibelahan bumi lain, yang di hunyi oleh sebagian besar penduduk yang beragama Islam secara kontinyu meneriakkan save for Palestine dengan menarik sumbangan kepada umat Islam di negara mereka. Akan tetapi tidak ada yang bisa menjamin bahwa sumbangan tersebut sebagian besar memang di donasikan pada warga Palestina atau tidak? Tidak terkecuali di Indonesia, karena sampai saat ini dubes Indonesia untuk Palestina tidak pernah merasa menerima penyaluran bantuan dari Indonesia untuk warga Palestina.

Tidak pernah ada laporan dari lembaga yang menerima atau lembaga yang menghimpun dana sumbangan dari masyarakat Indonesia apakah disalurkan secara sempurna atau tidak.

sesungguhnya yang menjadi korban dari konflik Israel dan Palestina adalah masyarakat dari kedua negara. Tidak ada kaitan antara Islam dan Yahudi dikondisi konflik ini. Islam dan Yahudi merupakan agama dan agama tidak pernah berperang yang berperang adalah penganut dari agama itu sendiri. Dengan sering memakai agama untuk membenarkan kesalahan yang mereka buat dengan berperang.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Sejarah Panjang Israel VS Palestina Sampai Saat Ini

    Previous article

    Munarman Resmi Jadi Tersangka Kasus Tindakan Terorisme

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Opini