Berita

Duta Damai Sumbar Mengunjungi Tempat Ibadah

0

Redaksi-Duta Damai Sumbar, tepat pada perayaan peringatan hari perdamaian dunia dan kesaktian Pancasila kemaren duta damai sumatera barat telah melaksanakan rangkaian acara kampanye serta mengunjungi tempat ibadah di kota padang.

Kota Padang merupakan ibukota provinsi di sumatera barat dan telah sewajarnya kita Padang menjadi tempat berkumpulnya atau titik temu masyarakat di sumatera barat. Efek dari hal itu adalah budaya dan agama juga akan bertemu di kota bengkoang ini.

secara umum agama di Indonesia diakui oleh undang undang adalah Islam, Kristen (Katolik dan Protestan), Hindu, Budha dan Konghucu. Mengetahui hal tersebut duta damai sumatera barat melaksanakan kegiatan untuk mengunjungi tempat ibadah agama selain Islam di kota Padang.

Kenapa harus selain Islam? Hal ini dilatarbelakangi oleh ketika suatu agama menjadi mayoritas yang sangat besar di suatu daerah maka pemeluk agama lain mau tidak mau akan secara lansung atau tidak langsung memahami budaya dari agama mayoritas tersebut.

Hal ini bisa sangat mudah anda pahami dengan penggunaan salam saja, jika anda sekarang bukan beragama Islam maka anda yang tinggal di daerah dengan mayoritas Islam maka akan dengan mudah untuk mengucapkan “Assalamualaikum” ketika bertemu dengan orang lain atau ketika mengucapkan salam di pertemuan resmi namun akan susah anda mengafalkan bacaan salam dari agama lain yang bukan merupakan agama mayoritas di suatu daerah seperti namo buddhaya, salam kebajikan, salom, om Swastiwastu.

Duta damai sumatera barat melaksanakan hal tersebut dalam rangka silahturahmi dengan para pembuka agama di kota Padang sekaligus memperkenalkan duta damai Sumbar sebagai komunitas yang bergerak di bidang website dan media sosial dengan tujuan utama untuk mengurangi narasi perpecahan dan narasi intoleransi di dunia maya.

Adapun tempat ibadah yang dikunjungi oleh duta damai sumatera barat di kota Padang yaitu:

  1. Graha Samatha Giri
  2. GPIB Jemaat Efrata Padang
  3. Pura Jagatnatha Padang

Berikut adalah foto-foto kegiatan duta damai Padang di tempat ibadah tersebut.

Penandatanganan kampanye Perdamaian
Graha Samanta Giri
Pura Jagatnatha
Indahnya perbedaan di Duta Damai Sumbar
GPIB Efrata Padang

Duta damai Sumbar melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 4 Oktober 2020 yang lalu. Adapun harapan dari kegiatan ini menurut ketua pelaksana arrafi Saputra irwan adalah sebagai langkah kongkrit generasi muda yang masih peduli dengan keberagaman agama di kota Padang maupun di sumatera barat.

Lebih jauh lagi koordinator regional duta damai sumatera barat Gusveri Handiko berharap bahwa tidak hanya kota Padang saja yang menjadi tempat kunjungan duta damai Sumbar untuk kedepannya namun juga tempat ibadah di kota lain di wilayah Sumatera barat karena perbedaan itu adalah anugrah terindah dari sang pencipta untuk Indonesia.

Kemudia Gusveri juga menyatakan keinginan duta damai sumatera barat ditahun 2021 setelah pandemi Covid 19 ini berakhir adalah duta damai sumatera barat akan membuat kegiatan “camp Perdamaian” yang menghadirkan pemuda/i lintas agama di provinsi sumatera barat.

Istana Kepresidenan Indonesia Dan Peristiwa Besar Dibaliknya

Previous article

MAULID NABI SEBAGAI MENELADANI NILAI PERDAMAIAN DAN PERSAUDARAAN ANTARA SESAMA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita