Edukasi

Covid-19 di Sumatera Barat dan Hal-Hal Yang Harus Sanak Ketahui (Bagian Pertama)

0

1. Jumlah Kasus

Per hari ini, pukul 16.40 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia adalah 1.790 orang, sembuh 112 orang dan meninggal 170 orang. Sedangkan di level global, kasus positif 827. 419 orang, kematian 40. 777 di 203 negara/kawasan.
Di Sumatera Barat, sejak diumumkannya kasus pertama pada tanggal 26 Maret 2020, hingga sekarang kasus positif berjumlah 13 orang, sembuh 0 dan meninggal 1 orang.

2. Pembatasan Selektif

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan kebijakan Pembatasan Selektif. Pembatasan selektif ini dilakukan kepada orang yang masuk ke Sumatera Barat sebagai upaya antisipasi penyebaran Covid-19. Prakteknya, setiap kendaraan menurunkan penumpang untuk di periksa suhu badan dan mengisi blanko yang telah disediakan petugas. Bagi penumpang yang mempunyai gejala, agar tenaga kesehatan segera melakukan tindakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

3. Imbauan Untuk Perantau

Gubernur Sumatera Barat mengimbau Perantau Sumatera Barat untuk menunda rencana kepulangan melalui surat nomor 360/359/BPBD-2020 tertanggal 28 Maret 2020. Imbauan ini berlaku dan akan dievaluasi lebih lanjut oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

4. Keputusan Beribadah Dirumah

Pemerintah Kota Padang (dan Kabupaten/Kota lainnya), bersama Forkompimda, MUI, Dewan Masjid, Kemenag, dan FKUB sepakat dan menandatangani Keputusan Bersama terkait beribadah dirumah tertanggal 26 Maret 2020. Isi keputusan berbunyi, “Kepada seluruh Pengurus Masjid di Kota Padang, diminta mengganti shalat jum’at dengan shalat dzuhur dirumah masing-masimg dan shalat lima waktu untuk masa yang ditetapkan selanjutnya, termasuk kegiatan ibadah di Gereja, Vihara dan kegiatan keramaian lainnya.

5. Pengurangan Frekwensi Penerbangan Sementara

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyurati Station Manager PT City Link Cabang BIM untuk mengurangi frekwensi penerbangan dari dan ke Sumatera Barat dengan surat nomor : 553.2/370/DISHUB.SB/2020 tertanggal 24 Maret 2020.

6. Kontak Yang Bisa Di Hubungi

BPBD Provinsi Sumatera Barat, Jl. Jend. Sudirman No. 47 Kota Padang.
Telp : (0751) 890720
Pusat : 119
Pusdalop : 0751- 71394

Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, berolahraga, makan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Selain itu, selalu berpedoman pada informasi resmi dan valid, baik dari pemerintah, petugas kesehatan mapun tokoh masyarakat/adat/agama. Stop sebar hoax.

Onriza Putra – Tim Blogger Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat

#bersatulawancorona #salingjaga #dirumahaja #basamomalawancorona

Onriza Putra

Mengatakan Lockdown Itu Mudah, Penerapannya?

Previous article

Covid-19 di Sumatera Barat dan Hal-Hal Yang Harus Sanak Ketahui (Bagian Kedua)

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi