Adaik Basandi Syara’,Syara’ Basandi Kitabullah,Syara’ Mangato Adaik Mamakai,Alam Takambang Jadi Guru…itulah falsafah masyarakat Minangkabau yang sangat istimewa.Selama ini banyak pembahasan mengenai ABS SBK,SM AM,namun sangat jarang orang memaparkan makna dari Alam Takambang Jadi Guru,padahal ini sangat erat kaitannya dengan ABS SBK,SM AM,bahkan selalu berhubungan.


Disinilah keistimewaan urang minangkabau, dengan mempelajari itu semua sejak nenek moyang mereka,jauh sebelum Islam masuk kenegri tercinta ini mereka belajar dari keadaan alam semesta yg telah Allah ciptakan untuk seluruh makhluk dijagad raya ini,dan sebagai khalifah dibumi Allah,sehingga ketika Islam masuk kenegri Minangkabau nenek moyang kita dengan mudah menerimanya sebagai satu-satunya agama yg dianut oleh urang Minangkabau.


Minangkabau bukan hanya sebagai tempat hidup dan mati, bukan hanya tempat hidup dan berkembang, tetapi minangkabau juga memiliki makna filosofis. Seperti yang ada dalam ungkapan pepatah minangkabau “alam takambang jadi guru”.Alam memiliki makna yang mendalam dengan segala bentuk, sifat, serta segala yang terjadi di dalamnya, merupakan sesuatu yang dapat dijadikan sebagai pedoman, ajaran, dan guru. 
Adat Minangkabau yang dinamis, menempatkan raso (hati, kearifan, intuitif) dan pareso (akal, rasio, logika), sebagai hasil dari falsafah, “alam takambang jadi guru.”Artinya, adat Minangkabau mengandung unsur adat dan ilmu.


Belajar kepada alam berarti mengambil pelajaran dari perjalanan hidup. Dalam pengertian hukum, adat adalah pedoman atau patokan dalam bertingkah laku, bersikap, berbicara, bergaul, dan berpakaian. Adat atau norma telah berjalan lama sekali dan turun temurun disebut tradisi, adalah tata cara memelihara hubungan baik antar sesama.
Alam sebagai ajaran dan pandangan hidup kata-kata yang menjadi pedoman hidup bagi manusia dalam berbuat, bertindak, dan berprilaku. Dalam minangkabau pun begitu, mereka membuat segala bentuk pepatah-petitih dan mamang berdasarkan kehidupan yang ada di alam semesta ini. Hal tersebut lalu dijadikan sebagai aturan, hukum, dan ketentuan adat. Mereka menerapkan semua itu dalam kehidupan sehari-hari.   Hal itulah yang dinamakan ajaran minangkabau.Dalam kata pusaka minangkabau telah diungkapkan, bahwa.


Panakiak pisau sirauik,Ambiak galah batang lintabuang,Silodang ambiak ka nyiru, Satitiak jadikan lawuik Sakapa jadikan gunuang. Alam takambang jadi guru.

Pada dasarnya, alam memiliki dua sifat yang paling mendasar. Pertama, bersifat tetap, artinya alam tidak pernah berubah sejak dulu sampai kini. Semua hal yang tidak berubah itu dijadikan masyarakat minangkabau sebagai dasar atau landasan hukum dan rumusan adat. Landasan itu disebut “adat babuhua mati”. Kedua, bersifat tidak tetap artinya alam dapat berubah-berubah sesuai dengan kodratnya. Semua itu disebabkan oleh keadaan, situasi dan cuaca. Sifat ini juga dijadikan oleh orang minangkabau sebagai rumusan membuat adat, yang disebut dengan “adat babuhua sintak”.
Kedua hal ini dijadikan sebagai falsafah “alam takambang jadi guru”.


Alam merupakan tempat hidup dan sumber kehidupan manusia. Maka dari itu manusia haruslah memanfaatkan alam dengan seoptimal mungkin. Semua yang terdapat di Alam ini, memiliki kegunaannya masing-masing serta memiliki makna penciptaannya. 

Nan lunak ditanam baniah Nan kareh dibuek ladang Nan bancah palapeh itiak Ganangan ka tabek ikan Bukik batu ka tambang ameh Padang laweh bakeh taranak.
Ka rimbo babungo kayu Ka sungai babungo pasia Ka lawik babungo karang Ka sawah babungo padi Ka tambang babungo ameh.

Informasi apa yang didapatkan dari kata pusaka tersebut? Ternyata orang minangkabau terdahulu tidak hanya mengenal dunia agraris  saja, tetapi juga telah mengenal pertambangan.  Alam mereka jadikan sebagai landasan untuk merumuskan dan menyusun ajaran adat.  Kemudian mereka menjadikan alam sebagai sumber hidup dan kehidupan mereka. Apapun yang diberikan alam, mereka jadikan sebagai sumber kesejahteraan sumber daya alam. Memanfaat pemberian alam untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Arti Musyawarah Tinggi Dalam Organisasi

    Previous article

    Sinergi Dalam Berorganisasi

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi