Pancasila sebagai Ideologi Bangsa yang sudah mencakup dan menjabarkan cita-cita Bangsa secara keseluruhan dari ujung timur sampai ujung barat Nusantara, paham Radikalisme dan Terorisme di Indonesia sekarang menjadi permasalahan yang masih hangat. Dari Bom Geraja di Makassar, penyerangan di Mabes Polri dan KKB di Papua yang baru saja di kategorikan sebagai kelompok terorisme di Indonesia dan masih banyak kasus lainnya, rentetan-rentetan aksi teror dan radikalisme ini sangat berpengaruh besar dalam keamanan dan kedamaian Negara.

Pancasila yang sudah ada sejak Indonesia merdeka telah menjadi pemahaman Negara, tak hanya dibiarkan menjadi sebuah pemahaman belaka tapi juga menjadi cita cita Bangsa dengan di tanamkannya paham Pancasila sejak dini kepada generasi penerus yang di realisasikan pada masa pendidikan dan perkembangannya sampai dewasa nanti.

Hal ini memang perlu di tanamkan sejak dini agar generasi penerus Bangsa dapat terhindar dari paham paham radikalisme yang dapat merusak kedamaian Negara di masa depan, Pancasila yang telah ditetapkan dengan Sila pertama yaitu soal Ketuhanan sampai dengan sila ke lima yaitu hal Keadilan.

Dengan penjelasan tadi kiranya bisa menyimpulkan bahwa Pemahaman Pancasila perlu di tanamkan sejak dini kepada penerus bangsa agar mereka terhindar dari paham radikalisme yang bisa merugikan negara ini di masa depan, bukan sekedar memahami tapi juga harus menerapkan Ideologi Pancasila ini di kehidupan sehari-hari agar Ideologi yang ada tetap tertanam dalam diri sabagai penerus Bangsa.

Gita Ivani Gresela Waruwu

Toleransi Ala Generasi Milenial

Previous article

Pentingnya Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi