Opini

Lawan Corona vs Berdamai Dengan Corona

0

Beberapa waktu yang lalu presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa sudah saatnya menuju babak baru dalam penanggulangan corona di indonesia yaitu dimana saatnya indonesia berdamai dengan covid 19 kemudian ditegaskan lagi lewat instagram beliau dengan postingan sebagai berikut ini:

postingan istragram resmi Joko Widodo

Tentunya masyarakat menjadi bingung dengan pernyataan pemerintah ini apakah indonesia melawan atau berdamai dengan virus Covid 19? akan tetapi semuanya jadi akan masuk akal dimana sampai 5 bulan penyebaran covid 19 di dunia yang pada awalnya diclam berasal dari provinsi wuhan di Tingkok, sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan dunia dalam melawan corona virus tipe baru tersebut.

Selama wabah virus SARS yang terjadi pada 2002 hingga 2003 silam, peneliti membutuhkan waktu hingga 20 bulan untuk menemukan vaksin yang siap untuk diujicobakan pada manusia.

Pengembangan vaksin juga dilakukan dengan tetap menekan laju penyebaran virus SARS melalui isolasi yang dilakukan pada orang yang terinfeksi. Identifikasi terhadap orang yang diduga terinfeksi juga dilakukan.

Berbeda dengan SARS, cara penyebaran Corona Covid-19 dapat terjadi melalui banyak faktor. Beberapa di antaranya hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

Kendati belum ditemukan vaksin untuk virus corona Covid-19 yang memiliki karakteristik sedikit berbeda dengan SARS dan MERS, namun peneliti dan para ahli mengungkapkan perlunya pengembangan vaksin untuk virus serupa.

Penemuan vaksin untuk virus serupa membutuhkan waktu yang tidak singkat yakni hingga berpuluh-puluh tahun kemudian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengamati gejala influenza di seluruh dunia. Meskipun berbeda dengan influenza biasa, namun pengembangan vaksin bagi virus serupa dapat dilakukan. Hal ini diklaim sebagai tindakan pencegahan apabila terjadi wabah di seluruh dunia dengan gejala serupa influenza di masa depan.

Lalu apakah dunia akan terus melawan corona virus dengan cara yang sama selamanya setidak-tidaknya untuk 20 bulan kedepan jika merujuk pada uji coba vaksi SARS dimasa lampau. Tentunya tidak harus di upayakan cara yang baru dalam melawannya. Apakah itu, yaitu berdamai dengan covid-19 dengan lebih menyesuaikan hidup dengan pola hidup yang baru.

Mungkin inilah saatnya indonesia untuk jauh lebih bersih lagi dalam menjaga kebersihan, untuk tidak keluar rumah dengan hal-hal yang kurang penting. Berat memang namun jika dipaksa tentu lambat laun akan terbiasa juga.

Berdamai Dengan Corona : Presiden Joko Widodo

Previous article

Mahfud MD Berbicara Covid 19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini