OpiniUmum

Kata Publik Figur tentang Toleransi dan Keberagaman

0
Cover: Fadlan Halim

Hallo, sobat damai!

Kita tentu memiliki seorang atau idola yang menjadikannya ‘model’ bagi diri untuk memotivasi atau menjadi inspirasi kita. Tentu saja hal-hal besar dan menakjubkan yang mereka lakukan hingga prestasi yang membuat kita mengidolakan mereka. Tidak hanya prestasi dan pencapaian dalam kehidupan mereka saja, tetapi pola pikir dan cara pandang mereka terhadap kehidupan.

Mulai dari publik figur seperti komedian, musisi, aktor, model, menteri hingga presiden bisa menjadi idola atau ‘model’ untuk diri sendiri. Bukan hanya publik figur di dalam negeri tetapi di luar negeri juga.

Ternyata publik figur memiliki pendapat dan cara pandang tersendiri dalam menanggapi perbedaan dan keberagaman yang ada di Indonesia yang bisa kita jadikan sebagai contoh dalam kehidupan kita. Nah, berikut beberapa pendapat publik figur di Indonesia tentang keberagaman, mungkin saja salah satu diantaranya adalah idolamu.

  1. Fiersa Besari

Musisi dan penulis buku ini memiliki pendapat tentang toleransi dan keberagaman di Indonesia. “Terima saja bahwa perbedaan tidak perlu disamakan, dan keberagaman bukan untuk diseragamkan.”

2. Pandji Pragiwaksono

Siapa yang tidak kenal stand up comedy ini, berikut pernyataan beliau. “Bahwa perbedaan tidak hanya merupakan pilihan, tetapi juga keadaan yang diciptakan Tuhan. Bukan urusan kita membuat seisi bumi mejadi seragam. Tugas kita hidup dengan nyaman, damai, bahagia dengan perbedaan tersebut.”

3. Gleen Fredly

“Keberagaman pada akhirnya bicara tentang bagaimana kita menghargai manusia itu sendiri, keberagaman itu adalah rahmat. Kebesaran Tuhan yang kita nggak bisa ingkari bahwa keberagaman adalah hal yang sudah Tuhan berikan untuk kita rayakan”.

4. Mahfud MD

“Toleransi itu dasarnya bukan semua agama sama. Namuan, pemeluk setiap agama menghormati pemeluk agama lain yang meyakini kebenaran agamanya masing-masing.” Begitu kata beliau yang tengah menjabat sebagai Menkopolhukam Indonesia.

5. Abdurrahman Wahid

Beliau yang merupakan mantan presiden RI keempat menyatakan, “Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.”

6. Zaskia Sungkar

“Semua pasti mengajarkan kebaikan. Sahabatku banyak yang berbeda keyakinan. Meski demikian, aku sering belajar ketulusan mereka. Begitu juga sebaliknya.” kata aktris sekaligus designer ini.

7. Dr. Rima Agristina

Adapun kata Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Badan pembinaan Ideologi Pancasila, “Bhinneka Tunggal Ika bagi bangsa Indonesia bukanlah sekadar slogan. Tindakan dan sikap keseharian setiap anak bangsa yang menghormati dan hidup dalam keberagaman adalah kekuatan bangsa Indonesia untuk tangguh dan tumbuh mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan makmur.”

Nah, itu tadi beberapa pendapat publik figur tentang keberagaman yang ada di Indonesia. Apakah salah satu di atas merupakan idolamu? Apakah kamu setuju dengan pendapat dan cara pandang mereka tentang keberagaman dan toleransi? Jika iya, kamu bisa mengikuti cara pandang mereka dalam bertoleransi terhadap keberagaman.

Semua pendapat publik figur diatas mengajarkan kita untuk saling menerima perbedaan, mensyukurinya dan hidup berdampingan walau berbeda. Yuk, tetap jaga rasa toleransi dan menghormati satu sama lain agar Indonesia semakin teguh dan jaya. Salam damai!

Sumber: instagram @conveyindonesia

Menjaga Gaya Hidup Pada Saat Pandemi Covid-19

Previous article

KEARIFAN LOKAL MINANGKABAU: MENGENAL TARI GALOMBANG

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini