Hallo, Sobat Damai!

Pada tahu ga kalau 26 Juni disetiap tahunnya di peringati sebagai HANI atau Hari Anti Narkoba Sedunia?  Yap, seluruh dunia memperingatinya sebagai bentuk kampanye dalam memberantas penyalahgunaan narkoba alias narkotika dan obat-obat terlarang.

Bukan hal yang asing lagi untuk kita dengar bahwa dinegara kita sendiri tegas dalam memberantas penyalahgunaan narkoba. Bentuk-bentuk kampanye di media social, media cetak dan diberbagai media lainnya disebarluaskan untuk mengedukasi kita semua agar kita tidak terjerumus dalam lingkup penyalahgunaan narkoba.

Nah, sebagai generasi muda yang akan meneruskan kehidupan bangsa kita patut berpartisipasi dalam memberantas bentuk-bentuk penyalahgunaan narkoba. Apa saja sih yang bisa kita lakukan?

  1. Pilihlah lingkungan pertemanan yang sehat

Pergaulan menjadi hal yang penting bagi kita karena memberi dampak pada sikap dan perilaku kita. Jika lingkungan pertemanan kita buruk maka akan memberi dampak negatif juga pada kita, begitu juga sebaliknya.

2. Isi waktu luang dengan hal yang produktif

Produktif tidak melulu tentang kerja, melakukan hobi seperti bermain bola, melukis dan ikut berorganisasi bisa dikukan untuk mengisi waktu luang

3. Turut menyebarluaskan edukasi tentang narkoba

Akun kita aplikasi sosial media seperti instagram, tiktok, twitter, facebook dan lainnya bisa kita jadikan sebagai media untuk menyebarkan info-info yang kita dapatkan kepada teman-teman media sosial kita.

4. Mengatakan ‘tidak’ dengan tegas.

Ketika kita bertemu dengan oknum yang mencurigakan atau menawarkan  obat-obat dengan iming-iming gratis atau ‘bikin tenang’ kita harus berani mengatakan “tidak” untuk menolak ajakan seperti itu.

Nah, hal-hal diatas bisa kita  mulai dari diri kita sendiri. Sebagai generasi penerus bangsa tentu kita tidak mau melihat masyarakat terikat dengan penyalahgunaan narkoba yang sangat merugikan. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba.

Surat Untuk Bapak Moral Bangsa

Previous article

Arti Musyawarah Tinggi Dalam Organisasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Edukasi