Edukasi

Covid-19 di Sumatera Barat dan Hal-Hal Yang Harus Sanak Ketahui (Bagian Keduabelas)

0

1. Rekor Tes Swab

Pada tanggal 23 Mei 2020, Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Sumatera Barat mencatat telah melakukan tes swab dengan sampel sebanyak 1.154 warga Sumbar. Dr. dr. Andani Eka Putra, M. Sc dan tim bekerja selama 22 jam di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi yang pernah di capai Indonesia.

2. Perpanjangan PSBB

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan PSBB dari 30 Mei hingga 7 Juni 2020 (kecuali Kota Bukittinggi). Kebijakan ini akhirnya diambil berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sumatera Barat dalam rapat virtual pada tanggal 28 Mei 2020. Seperti yang kita ketahui, pemberlakuan PSBB tahap kedua berakhir pada tanggal 29 Mei 2020 (hari ini).

3. New Normal Bukittinggi

Kota Bukittinggi menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang tidak memperpanjang pemberlakuan PSBB. Pemerintah Kota Bukittinggi telah melakukan berbagai kajian untuk membuka ruang kepada masyarakat untuk beraktifitas normal dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kota Bukittinggi tidak memperpanjang PSBB karena angka pertumbuhan kasus positif landai dan jumlah sembuh yang sudah banyak.

4. Sijunjung Pacah Talua

Kabupaten Sijunjung menjadi kabupaten terakhir penyebaran dan baru mengumumkan kasus pertama Covid 19 pada 27 Mei 2020. Kasus pertama di Kabupaten Sijunjung berjumlah 7 orang. Dengan adanya kasus positif di Kabupaten Sijunjung, tidak ada lagi zona hijau di Provinsi Sumatera Barat.

5. Jumlah Sembuh

Hingga hari ini (29 Mei 2020 per 15.08 WIB), jumlah angka sembuh di Provinsi Sumatera Barat berjumlah 242 orang.

Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, berolahraga, makan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan jika mengalami gejala-gejala Covid-19. Positif Covid-19 bukan aib, jangan malu/takut melapor ke petugas kesehatan. Selain itu selalu berpedoman pada informasi resmi dan valid, baik dari pemerintah, petugas kesehatan mapun tokoh masyarakat/adat/agama. Stop sebar hoax.

Onriza Putra – Tim Blogger Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat

#bersatulawancorona #salingjaga #dirumahaja #basamomalawancorona

Onriza Putra

Menatap Olahraga Ditengah Pandemi Covid-19

Previous article

“New Normal” Sebuah Bentuk Perang Terhadap Covid 19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi