Berita

BNPT Raih WTP Yang Ke-7 Secara Beruntun

0

Padang – Redaksi Duta Damai Sumbar, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada awal tahun 2020 telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Tahun 2019. Hasilnya, BPK menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Tahun 2019 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Dilansir lewat situs resmi BNPT, Bertempat di  Auditorium Tower BPK, Kompleks BPK RI, Jakarta, BPK menyelenggarakan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan pada Kamis (23/7). Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK, Hendra Susanto yang didampingi Auditor Utama KN I, Novy Gregory Antonius Pelenkahu dan Pimpinan KPK, Firli Bahuri. Kegiatan ini juga dihadiri pimpinan-pimpinan berasal dari 13 Kementerian/Lembaga yang tergabung di lingkungan Auditorat Keuangan Negara (AKN) I.

BPK menyampaikan apresiasi kepada seluruh Menteri dan Kepala Lembaga yang hadir sebagai wujud nyata dan komitmen dari pimpinan dalan penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel. Hasil laporan yang berupa opini sebagai tujuan utama pemeriksaan laporan keuangan merupakan pendapat profesional pemeriksa atas kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

Pemeriksaan yang telah dilaksanakan BPK berdasarkan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara dan kriteria BPK. Adapun kriteria tersebut meliputi kesesuaian Laporan Keuangan dengan Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan, efektivitas Sistem Pengendalian Intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

BNPT menjadi satu dari 17 entitas yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini disampaikan langsung dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, Sekretaris Utama BNPT, Brigjen TNI Untung Budiharto beserta Inspektur BNPT, Buntoro, Ak., M.Ak.

Pimpinan Pemerikaaan Keuangan Negara I menyampaikan agar para Kementerian/Lembaga yang berhasil mencapai opini WTP dapat terus mempertahankan opini tersebut. Ia menekankan opini WTP bukanlah sebagai hadiah, namun prestasi dan kerja keras dari seluruh jajaran Kementerian/Lembaga dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan negara yang dikelola. 

Dalam acara ini BPK juga menyampaikan beberapa kelemahan dan permasalahan yang ditemukan dalam pemeriksaan terhadap 13 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga. Ke depannya, BPK berharap kelemahan dan permasalahan menjadi perhatian dari para pimpinan yang hadir untuk segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menanti Media Tanpa Clikbait

Previous article

Uni Emirat Arab Belajar Toleransi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita