Opini

Apa Yang Salah dengan Indonesia?

0

Tepat Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah oleh bangsa indonesia. Hari dimana diproklamirkannya kemerdekaan bangsa ini. Sekarang sudah 75 tahun umur indonesia adalah tergolong tua untuk negara yang merdeka setelah munculnya negara adikuasa seperti Uni Soviet dan Amerika Serikat. Hal yang menarik dengan wilayah yang lima kali lebih besar dengan malaysia sebagai negara tetangga indonesia masih tertinggal secara ekonomi. Berikut Rata-rata Penghasilan Pekerja di negara Asean yang dilansir oleh Numbeo.com :

1. Singapura

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 2.951 atau Rp 35,8 juta

2. Brunei

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 1.339 atau Rp 16,26 juta

3. Malaysia

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 979,2 atau Rp 11,87 juta

4. Thailand

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 520,2 atau Rp 6,31 juta

5. Myanmar

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 367,6 atau Rp 4,5 juta

6. Filipina

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 351,88 atau Rp 4,3 juta

7. Vietnam

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 305,16 atau Rp 3,7 juta

8. Indonesia

Rata-rata gaji pekerja per bulan: Rp 3,67 juta

9. Kamboja

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 207,47 atau Rp 2,52 juta

10. Laos

Rata-rata gaji pekerja per bulan: US$ 175 atau Rp 2,12 juta

Padahal indonesia adalah negara yang lebih dulu merdeka dari malaysia. Kita mungkin bisa beralasan indonesia kan punya jumlah penduduk yang lebih banyak!, memang benar indonesia punya penduduk yang lebih banyak namun penduduk yang banyak justru akan menjadi aset yang sangat penting. Lalu apalagi? wilayah yang lebih besar, keberagaman yang lebih banyak, pulau yang lebih banyak, lautan yang lebih luas. itu semua adalah keuntungan kita sebagai bangsa indonesia bukan sebagai kekurangan kita.

Lalu kenapa? itulah pertanyaan setiap anak bangsa ini kepada pendahulunya yang lebih dahulu membangun negeri ini. kenapa sampai sekarang indonesia masih belum keluar dari Midle Income Trap atau jebakan pendapatan menegah? karena penduduknya sendiri yang tidak berusaha untuk maju. Ada penduduk yang mau maju dan saat ini mereka telah menjelma menjadi pengusaha besar di indonesia namun sayangnya mereka tidak mau memajukan bangsa ini dengan memberikan pendapatan yang pantas kepada karyawannya.

Akhirnya yang selalu menjadi kambing hitam adalah Pemerintah. Pemerintah akan selalu disalahkan oleh rakyatnya karena tidak mampu membuat rakyatnya maju dan tidak pernah ada dalam sejarah indonesia bahwa rakyat berbondong-bondong memuji kehebatan pemerintahnya. Selalu saja disalahkan, selalu saja jadi kambing hitam dan selalu saja di hujat.

Kita bangsa indonesia harus sadar bahwa pemerintah hanya mampu menjadi katalisator kemajuan perekonomian dan pendapatan masyarakatnya. bukan sebagai orang yang akan memajukan bangsa ini secara langsung, yang akan memajukan bangsa ini hanya kita rakyat indonesia.

Mulai saat ini mari kita stop menyalah-nyalahkan pemerintah kenapa pendapatan bangsa ini terutama rakyatnya masih saja kecil jika dibandingkan negara asean seperti singapura, brunai dan malaysia tapi salahkanlah pemerintah jika saat anda sebagai rakyat indonesia mau memajukan perekonomian bangsa ini dengan membuka lapangan pekerja namun tidak diberikan kemudahan melalui regulasi dari pemerintah dan salahkanlah pemerintah jika mereka menggunakan uang pajak anda untuk hal yang tidak punya manfaat dimasa yang akan datang.

Sembilan Pernyataan SETARA Institute Mengenai Isu Eks-ISIS

Previous article

Duta Damai BNPT akan Melaksanakan RAKORNAS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini