Edukasi

9 PERTANYAAN YANG TIDAK BOLEH DITANYAKAN KEPADA ORANG BARU

0

Sebagai makhluk sosial, manusia akan terus berinteraksi dengan orang lain. Baik itu yang telah dikenal lama atau orang baru yang ditemui dalam kehidupan. Pertemanan akan terjalin seiring berjalannya waktu, namun ada etika yang harusnya dipahami dalam pergaulan.

Saat sobat damai bertemu dengan orang yang baru saja dikenal, tentu tidak mungkin langsung mengajukan pertanyaan pribadi. Hal ini akan menyinggung dan juga orang tersebut akan menilai sobat damai sok kenal sok dekat. Ada beberapa hal atau pertanyaan yang tidak patut sobat damai lontarkan saat pertama kali bertemu orang baru. Contoh cara mengenali diri sendiri menurut psikologi.

Untuk itu ketahuilah apa saja pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat bertemu orang baru seperti beberapa contoh dan penjelasan berikut ini:

USIA

Satu hal yang harus sobat damai ketahui saat pertama kali bertemu dengan orang yang baru dikenal yaitu jangan pernah bertanya mengenai usia. Secara etika hal tersebut kurang pantas, usia merupakan satu hal yang cukup privasi, jadi hindari untuk mengupas mengenai usia orang lain sebelum sobat damai mengenalnya lebih dekat dan lama.

Jika kamu baru mengenal seseorang yang terlihat seumuran, cukup memanggilnya dengan sapaan hormat. Tidak perlu terlalu jauh bertanya mengenai usianya karena hal tersebut tidak penting untuk diketahui.

AGAMA

Selanjutnya pertanyaan yang soabt damai tidak boleh ditanyakan saat bertemu dengan orang baru adalah menanyakan perihal agama. Agama merupakan hal dasar yang dimiliki setiap orang, tanpa harus bertanya saja sobat damai tentunya sudah cukup mengenal agama orang tersebut. Bisa melalui jenis pakaian yang digunakan, tutur kata, dan lainnya. Pastikan hindari bertanya mengenai agama agar Sobat damai tidak dicap sebagai orang sok kenal.

PRIVASI TERKAIT DENGAN KELUARGA

Sobat damai jangan pernah  merasa menjadi orang yang easy going dan terlalu SKSD (sok kenal sok dekat) pada orang baru. Bertanya masalah keluarga adalah hal privasi yang benar-benar tidak perlu kamu tanyakan. Kita tidak memiliki kepentingan apa pun terhadap urusan keluarga orang lain, terlebih yang baru kenal.

Sekalipun misal orang tersebut cukup dikenal masyarakat dan keturunan keluarga sobat damai. Lebih baik tidak menyinggung masalah tersebut jika orang tersebut tidak mulai menceritakannya terlebih dulu.

PEKERJAAN DAN PENDAPATAN

Banyak orang merasa bahwa perihal keuangan adalah masalah yang juga cukup sensitif. Terlebih lagi jika sudah membahas gaji yang didapat seseorang dari pekerjaan yang dilakukannya. Bagi yang berpenghasilan besar mungkin bisa merasa bangga, tetapi bagi yang berpenghasilan biasa saja mungkin akan merasa risi ditanya soal gaji.

Status seseorang kebanyakan diukur dengan pekerjaan dan gaji yang dihasilkan. Itulah mengapa pertanyaan soal ini menjadi sangat tabu ditanyakan terlebih jika baru kenal. Jadi, sobat damai jangan tanyakan pekerjaan dan pendapatan orang lain ya!

STATUS

Status perkawinan kerap menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan ketika ingin sekadar basa-basi. Tetapi pertanyaan tersebut seringnya menjadi menyinggung perasaan orang yang baru dikenal. Seharusnya perihal sensitif seperti itu gak ditanyakan jika kamu gak mengenal seseorang dengan dekat.

Pertanyaan ‘sudah menikah belum?’ atau ‘sudah punya anak berapa?’, ‘kok masih single di umur segitu?’ bisa menjadi pertanyaan yang membangkitkan emosi bagi banyak orang. Bukannya senang, mereka malah bisa menjauhimu karena merasa tidak nyaman.

BERTANYA NOMOR KONTAK ATAU MEDIA SOSIALNYA

Menanyakan perihal kontak pribadi atau media sosial pribadi bisa menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun pada dasarnya, masalah tersebut adalah ranah privasi yang gak boleh kamu tanyakan, kecuali orang tersebut yang menawarkan duluan.

Seringnya di zaman sekarang batas privasi seseorang semakin kabur, sehingga gak merasa sungkan meminta nomor kontak dan menambahkan seseorang di media sosial.

Masih ada banyak kalimat lain untuk berbasa-basi lho. Seperti menanyakan film favoritnya atau tempat makan yang jadi langganannya untuk sarapan. Namun dalam konteks tertentu hal di atas bisa ditanyakan, pokoknya lihat kondisinya dulu.

ALAMAT RUMAH

Pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat bertemu orang baru adalah jangan pernah sobat damai meminta alamat rumah. Karena sobat damai akan disangka dengan persepsi buruk, karena itu hindari pertanyaan yang menjurus mengenai alamat rumah secara details. Paling tidak tahu daerahnya saja sudah cukup, seperti tinggal di mana?, itu saja sudah cukup simple.

PENDIDIKAN

Berikutnya pertanyaan yang tidak patut sobat damai lontarkan saat pertama kali bertemu orang baru adalah pendidikan. Banyak hal yang menjadi urusan pribadi setiap orang, salah satunya masalah pendidikan. Saat pertama sobat damai bertemu dan berbicara dengan orang baru dikenal, maka hindari untuk mengetahui apa pendidikan terakhirnya. Karena secara sopan santun hal tersebut kurang etis, jadi carilah pertanyaan lain yang lebih akrab.

RAS ATAU SUKU

Terakhir hal penting sebelum sobat damai memulai pembicaraan kepada orang baru yang dikenal, usahakan untuk tidak membahas asal usul dan ras. Karena itu sangat sensitif, mungkin bagi sebagian orang hal tersebut tidaklah etis. Namun, ada juga yang tidak keberatan untuk membahas masalah tersebut. Karena itu lihat dulu orang yang Sobat damai ajak bicara, sebelum Sobat damai dianggap orang tidak sopan.

Demikianlah penjelasan mengenai pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan saat bertemu orang baru. Semoga menjadi manfaat dan wawasan sobat damai dalam berkomunikasi dengan orang baru.

Mengenal Latar Belakang Ahmad Syafii Maarif, Sang Bapak Moral Bangsa Menuju Hari Kelahiran Ke-86

Previous article

6 LAGU TOLERANSI INDONESIA, SALAH SATUNYA MARS DUTA DAMAI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi