Umum

6 LAGU TOLERANSI INDONESIA, SALAH SATUNYA MARS DUTA DAMAI

0

Hallo sobat damai!! Sobat damai paling suka kalau me time ngapain sih? Kalau mimin lebih suka me time mendengarkan musik nan syahdu, eaakk canda syahdu. Hehe

Terkhusus buat sobat damai yang sama dengan mimin, yang juga suka dengerin musik waktu me time,  Ini nih mimin ada rekomendasi lagu perdamaiaan. Eitsss jangan salah dulu dari lagu-lagu berikut ini selain bisa kembaliin mood yang lagi bloong, juga bisa refresh dan belajar menghayati indahnya toleransi dari Setiap bait liriknya lho.

Yok cekidot!

DAMAI ITU INDONESIA (Mars Duta Damai)

Lagu pertama tentunya lagu dari Duta Damai dong. Hampir setiap penggal lirik lagunya membuat kita merasakan betul dimana kita berpijak dan kenapa kita bersatu, tentunya hanya karna satu tujuan dan satu landasan yakni terciptanya Indonesia Damai. “Di dalam jiwa-jiwa tanah yang bersatu kita dilahirkan. Di dalam jiwa-jiwa tanah yang bersatu kita dihidupkan”

Dari sini bisa kita flashback lagi tentang background para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan, mereka berasal dari ragam perbedaan suku, bahasa, daerah dan tak terkecuali agama. “Kau, aku, kita dalam satu bangsa. Kau, aku, kita dalam satu bahasa

Dan bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, bersatu dalam satu tujuan yakni Indonesia Damai.

NAURA – AKU INDONESIA

Alunan musiknya yang semangat, tentunya juga bikin semangat sobat damai dalam ngerjain deadline sekaligus bisa auto menari-nari sendiri nih, hehe.

Liriknya bikin sobat damai makin cinta dan bisa merasakan kerukunan  hidup yang ada di Indonesia diatas segala perbedaan yang ada. Perbedaan yang ada membuat Indonesia memiliki warna-warni yang indah dan dapat hidup rukun sesamanya. “Aku adalah Indonesia, beraneka ragamnya, warna warni irama oh indahnya. Aku adalah Indonesia, rukunlah selamanya, berdampingan bersama kita Indonesia.”

DAMAINYA INDONESIA – FAHMY ARSYAD SAID FT. OKKY KUMALA SARI

Damainya indonesia adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kekayaan indonesia yang paling mendasar. Karena bukan hanya keindahan alamnya semata, tetapi hidup damai saling sayang dalam keberagaman adalah hakekat kekayaan bangsa kita.

Mulai dari alunan musik, pakaian tradisional sampai setiap lirik yang terkandung dalam lagu ini tengah mencerminkan keanekaramanan yang ada di Indonesia. “Jangan tanya kenapa ku sayang di sinilah aku dilahirkan, dari nenekku dulu, juga mama papaku, sampai beranak cucu, sampai akhir hayatku. Kita tumbuh bersama dalam keberagaman, hidupnya saling sayang, damainya Indonesia”.

DANGDUT IS THE MUSIC OF MY COUNTRY – PROJECT POP

Grup band lawas ini memberikan nuasa yang sedikit berbeda dalam gaya musiknya yaitu dengan menemukan titik temu pada keanekaragaman yang ada yaitu musik dangdut.

Banyaknya suku, budaya, bahasa dan keanekaragaman yang ada di Indonesia, tetapi mana ada sih orang Indonesia yang gak kenal dangdut? Dari presiden sampai rakyat biasa sekalipun tentunya kenal sekali dengan musik dangdut.

Dalam hampir penggalan lagu yang dibawakan oleh Project Pop ini sangat mencerminkan nuasa perbedaan yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke. “Ada orang Batak, ada orang Jawa , ada orang Ambon, ada juga orang Padang,  ada orang Manado, ada orang Madura,  ada orang Papua, nggak disebut jangan marah. Apakah yang dapat menyatukan kita, salah satunya dengan music, dangdut is the music of my country, dangdut is the music of my country

KAU DAN AKU INDONESIA – TITIEK PUSPA FT. DUTA CITA

Seniman lawas yang telah berkecimpung di dunia musik sejak dulu ini juga meramaikan playlist musik toleransi bersama grup vokalnya.

Penggalan Setiap bait pada lirik lagunya benar-benar membuat kita bangga lahir dan dibesarkan di negeri ini. “Inilah indonesiaku, Yang ku bangga dan ku cinta, Sambut khatulistiwa, Yang terindah di dunia, Dari sabang sampai merauke, Lain bahasa dan budaya, Tetapi kita satu merah putih, Tanah air Indonesia”.

AGAMAMU AGAMAKU – TOMPI FT. GLENN FREDLY

Gaya persahabatan vokalis dari anggota Trio Lestari ini patut diacungkan jempol, tentunya bisa jadi panutan buat kita semua nih sobat damai dalam berteman sekaligus bersahabat dengan mereka yang berbeda keyakinan dengan kita.

Lagu ini dimainkan hanya dengan irama musik yang bisa disebut sangat sederhana dibandingkan karya-karya sebelumnya, tetapi setiap liriknya yang indah sekaligus pengingat juga “Nikamat Tuahan yang mana yang snagggup engkau ingkari, Tuhan ciptakan beragam beda takkan sanggup akalmu meraba. Tak diperintahkan jadi sama, agamamu agamaku hidup bersama”.

Nah, itu dia 8 daftar musik yang wajib masuk dalam playlist musik sobat damai. Bukan hanya buat sobat damai makin cinta Indonesia tetapi juga bikin sobat damai menghagai perbedaan yang ada di Indonesia.

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    9 PERTANYAAN YANG TIDAK BOLEH DITANYAKAN KEPADA ORANG BARU

    Previous article

    Kita JAGA PERDAMAIAN INDONESIA, Demi Terwujudnya PERDAMAIAN DUNIA

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Umum