Edukasi

3 Tipe Gaya Belajar! Gaya Belajar Apa yang Mencerminkan Diri Sobat Damai?

0

Setiap kita memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang menyukai belajar dengan suasana yang tenang, ada yang lebih suka dengan ditemani suara musik. Ada yang menyukai dengan belajar sambil praktek dan ada pula yang lebih suka membaca buku saja.

Dengan gaya yang berbeda ini,  setiap orang memiliki cara efektifnya tersendiri dalam menyerap materi pembelajaran. Untuk memudahkan kita dalam belajar, kita harus mengenali seperti apakah gaya belajar yang membuat kita nyaman.

Ternyata gaya belajar yang berbeda-beda ini, juga membentuk karakteristik seseorang yang berbeda-beda pula. Ini dia 3 tipe gaya belajar yang harus sobat damai ketahui:

  1. Gaya Belajar Auditor

Gaya belajar auditori merupakan seseorang yang mengandalkan pendengaran sebagai penerima pengetahuan dan informasi. Seseorang yang  tipe belajar seperti ini, biasanya tidak mempermasalahkan tampilan visual saat belajar yang terpenting adalah penyimak pembelajaran dengan baik dan jelas.

Tipe auditori ini biasanya merupakan orang-orang yang peka terhadap hafalan yang pernah dipaparkan dan dijelaskan bukan apa yang pernah dilihat. Kalau sobat damai suka menegur orang-orang yang berisik dan menganggu saat belejar agar suasana menjadi tenang, berarti sobat damai merupakan tipe auditori.

Sesorang yang memiliki gaya belajar auditori biasanya mudah terdistraksi dengan keramaian, suka mengingat apapun yang pernah didengar dan akan mudah mengahfal nama saat berkenalan dengan orang baru.

2. Gaya Belajar Visual

Sesorang yang memiliki gaya belajar visual biasanya cenderung berfokus pada penglihatan. Saat mempelajari hal baru, biasanya tipe ini perlu melihat sesuatu secara visual untuk lebih mudah mengerti dan memahami.

Tipe visual biasanya Lebih nyaman belajar menggunakan warna, garis dan bentuk. Seseorang yang memiliki gaya belajar visual biasanya memiliki jiwa seni seperti artistic.

Jika sobat damai memiliki gaya belajar visual, biasanya memiliki karakteristis berikut diantaranya, dengan mudah menggambar apapun dimanapun, Lebih mudah mengingat dari apa yang dilihat daripada yang didengar dan cenderung berbicara dengan tempo yang cukup kuat.

3. Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar yang melibatkan sebuah gerakkan. Biasanya seseorang yang belajar dengan tipe ini merasa Lebih mudah belajar tidak hanya dengan teori tapi sekaligus dengan praktiknya.

Dengan menyentuh secara langsung sebuah objek yang dimaksud dalam belajar, biasanya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi tipe ini. Seseorang dengan belajar kinestetik tidak menyukai terlalu lama berdiam diri didalam kelas saat belajar.

Karakteristik yang dimiliki oleh tipe kinestetik diantaranya, menyenangi belajar dengan tipe plaktik secara langsung, menyukai aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh secara olahraga atau menari dan saat berkomunikasi lebih banyak menggunakan isyarat tubuh.

Itulah beberapa tipe gaya belajar dengan karateristik masing-masing pelakunya. Setelah memahami tipe-tipe belajar diatas, sobat damai tipe yang mana nih?

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    Irjen Martinus: Cuitan Fadli Zon Adalah Kritik Untuk Kami

    Previous article

    Peduli Pada Perempuan dan Anak

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi